Evaluasi Program Literasi Dan Numerasi Berbasis CIPP Pada Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Di Sekolah Dasar Negeri 30 Lubuk Lintah
Abstract
Hasil penelitian membahas tentang evaluasi program literasi dan numerasi pada program Kampus Mengajar dengan model evaluasi CIPP. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi context, input, process, dan product program literasi dan numerasi pada program Kampus Mengajar angkatan 6 di SD Negeri 30 Lubuk Lintah. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Model penelitian evaluatif yang digunakan adalah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pamong, guru kelas, tenaga perpustakaan dan mahasiswa Kampus Mengajar di SD Negeri 30 Lubuk Lintah. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Perencanaan program literasi dan numerasi berjalan dengan baik, tujuan diadakannya program terpenuhi, dan mencapai sasaran yang tepat. 2) Program literasi dan numerasi dilaksanakan selama 4 bulan dan yang menjadi sasaran program adalah siswa kelas 1, 2,3 4, dan 5. Sarana prasana dan media yang digunakan memadai dalam menunjang pelaksanaan kegiatan. 3) Kegiatan literasi yang dilaksanakan adalah pembenahan perpustakaan, pojok baca, kelas tambahan membaca. Kegiatan numerasi yang dilaksanakan adalah berhitung sambil bermain di kelas. Mahasiswa menggunakan stategi pendekatan diri kepada siswa sebelum melaksakan program di sekolah. Faktor pendukung keberjalanan program adalah adanya dukungan dari warga sekolah dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat selama melaksanakan program adalah adanya keterbatasan waktu dalam melaksanakan program kegiatan numerasi di kelas. 4) Program literasi dan numerasi yang telah dilaksanakan efektif dan berdampak baik pada perkembangan minat serta kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah.
References
Systematic Literature Review: Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Melalui Pendekatan
Media Pembelajaran Berbasis Game. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(5), 84–99.
Anjelika, R., Wulandari, T., Kholilah, S., & Tri Dharma, A. (2024). Peran Program Kampus Mengajar Vi
Terhadap Peningkatan Literasi Dan Numerasi Di Smk Mandiri Palembang. Jurnal Edukasi Pengabdian
Masyarakat, 3(1), 26–34. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i1.3616
Fauziyah, C., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Game Numerasi (Ganu) Menggunakan Pendekatan
Steam Terhadap Kemampuan Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun. JP2M (Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Matematika), 9(2), 231–238. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4419
Hamid, R. J., Sahib, N., & Aljuwanti. (2023). Eksistensi Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 Dalam
Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Sekolah Dasar. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil
Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 125–132.
Rf, A. P., & Sobri, A. Y. (2023). Evaluasi Program Kampus Mengajar dengan Model Context , Input , Process ,
Product ( CIPP ). JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 6(5), 247–262.
Rumakaway, S. M., Soumokil, A., & Hatala, R. (2022). Peranan Pojok Baca alam Meningkatkan Literasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Seram Bagian Timur, Kecamatan Gorom Timur Kabupaten
Seram Bagian Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9286–9294.
Sobur, M. F., Fatonah, U., & Syarifuddin. (2023). Program Kampus Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan
Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Di Sdn Cinangka 01. Proceeding SEMNAS-TP (Seminar
Nasional Teknologi Pendidikan), 3(1), 132–140.
Syahdan, Ridwan, M. M., Ismaya, Aminullah, A. M., & Elihami. (2021). Peranan Perpustakaan dalam
Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi
Samata. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 48–65. https://ummaspul.ejournal.id/RMH/article/download/2083/658
Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini.
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.