Kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan humas di sekolah lanjutan tingkat atas

  • Putri Ramadani Universitas Negeri Padang
  • Rusdinal Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hanif Alkadri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan, Literasi digital, Tenaga administrasi sekolah, Humas

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui data mengenai kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan hubungan sekolah dan masyarakat di SLTA se-Kota Padang Panjang dari segi kemampuan mengakses, menyeleksi, memahami, mendistribusikan dan berkolaborasi. Penelitian ini dianalisis dengan SPSS Statistics 23 menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi tenaga administrasi sekolah pada penelitian ini adalah 146 tenaga administrasi sekolah, pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga terpilih 61 tenaga administrasi sekolah sebagai sampel. Instrumen penelitian menggunakan model angket skala semantik diferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah di SLTA se-Kota Padang Panjang berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 4,09 dengan tingkat capaian 81,9%.

References

Arisanti, Deevi. (2013). Peeran guru dalam meeningkatkan aktivitas beelajar siswa pada mata peelajaran Sosiologi Di keelas X sma PGRI 1 Pontianak. Vol. 2, No 9. Jurnal Peendidikan dan peembeelajaran Khatulistiwa. ISSN: 2715-2723.

Rousseeau, J.J. (2003). Ilmu Peendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Peersada.

Rusdinal, R., Putri, C.C., Jasrial, J., & Sasntoso, Y. (2021). Peelayanan Teenaga Administrasi Seekolah Urusan Keesiswaan Beerbasis Teeknologi Informasi di SMK see Kabupateen Tanah Datar. Journal of Educational Administration and Leeadeership, 2(2), 143-148. https://doi.org/10.24036/jeeal.v2i2.147.

Rusdinal, R., Sabandi, & A., Anisah, A. (2018). Training Neeeeds Analysis: Study on Deeveelopmeent of School Administration’s Compeeteencee. Journal of Educational Reevieew and Reeseearch, 1 (1), 15. https://doi.org/10.26737/jeerr.v1i1.505

Bawdeen, D. (2008). Orgins and conceepts of digital liteeracy. In Digiital Liteeraciees: Conceepts, policiees and practicees (pp. 17-32). Peeteer Lang. ISBN: 978-1-4331-0169-4.

Juhji. Nadeeak, B. Arifudin, O. Mustafa, M. Wahyuni, C. Ita, M.h. Rahman, T. Gracia, R.A. (2020). Manajeemeen Humas Pada Leembaga Peendidikan. Bandung: Widina Bhakti Peersada Bandung. ISSN: 978-623-93255-0-3.

Heeru, W.A., Tjahyadi, S., RuiQi, K.O.Y., Nursudiono. Galang, Y.P. Hirawan, J. Tee, C. Ariadi, C. Elvin. 2021. Inteegrasi Etika Digital dalam Budaya pada Peerusahaan yang Meelakukan Work-From-Homee (WFH) di Masa Pandeemi. Journal of Entreepreeneeurship, Manageemeent, and Industry (JEMI). Vol.4, No. 2. Pp. 55-64.

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis & Deesain Sisteem Informasi: Peendeekatan Teerstruktur, Teeori dan Aplikasi Bisnis, Edisi Keetiga. Yogyakarta: Andi.

Kadri, H. A., Sinta, P., Jaya, I. (2022). Analisis Kompeeteensi Profeesional di SMK. Jurnal Bahana Manajeemeen Peendidikan, 11 (2). 187-191. Https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2
Published
2024-01-30
How to Cite
Ramadani, P., Rusdinal, Hanif Alkadri, & Yulianto Santoso. (2024). Kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan humas di sekolah lanjutan tingkat atas. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(4), 169-173. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i4.74