Kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan humas di sekolah lanjutan tingkat atas
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui data mengenai kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan hubungan sekolah dan masyarakat di SLTA se-Kota Padang Panjang dari segi kemampuan mengakses, menyeleksi, memahami, mendistribusikan dan berkolaborasi. Penelitian ini dianalisis dengan SPSS Statistics 23 menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi tenaga administrasi sekolah pada penelitian ini adalah 146 tenaga administrasi sekolah, pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga terpilih 61 tenaga administrasi sekolah sebagai sampel. Instrumen penelitian menggunakan model angket skala semantik diferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah di SLTA se-Kota Padang Panjang berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 4,09 dengan tingkat capaian 81,9%.
References
Rousseeau, J.J. (2003). Ilmu Peendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Peersada.
Rusdinal, R., Putri, C.C., Jasrial, J., & Sasntoso, Y. (2021). Peelayanan Teenaga Administrasi Seekolah Urusan Keesiswaan Beerbasis Teeknologi Informasi di SMK see Kabupateen Tanah Datar. Journal of Educational Administration and Leeadeership, 2(2), 143-148. https://doi.org/10.24036/jeeal.v2i2.147.
Rusdinal, R., Sabandi, & A., Anisah, A. (2018). Training Neeeeds Analysis: Study on Deeveelopmeent of School Administration’s Compeeteencee. Journal of Educational Reevieew and Reeseearch, 1 (1), 15. https://doi.org/10.26737/jeerr.v1i1.505
Bawdeen, D. (2008). Orgins and conceepts of digital liteeracy. In Digiital Liteeraciees: Conceepts, policiees and practicees (pp. 17-32). Peeteer Lang. ISBN: 978-1-4331-0169-4.
Juhji. Nadeeak, B. Arifudin, O. Mustafa, M. Wahyuni, C. Ita, M.h. Rahman, T. Gracia, R.A. (2020). Manajeemeen Humas Pada Leembaga Peendidikan. Bandung: Widina Bhakti Peersada Bandung. ISSN: 978-623-93255-0-3.
Heeru, W.A., Tjahyadi, S., RuiQi, K.O.Y., Nursudiono. Galang, Y.P. Hirawan, J. Tee, C. Ariadi, C. Elvin. 2021. Inteegrasi Etika Digital dalam Budaya pada Peerusahaan yang Meelakukan Work-From-Homee (WFH) di Masa Pandeemi. Journal of Entreepreeneeurship, Manageemeent, and Industry (JEMI). Vol.4, No. 2. Pp. 55-64.
Jogiyanto, HM. 2005. Analisis & Deesain Sisteem Informasi: Peendeekatan Teerstruktur, Teeori dan Aplikasi Bisnis, Edisi Keetiga. Yogyakarta: Andi.
Kadri, H. A., Sinta, P., Jaya, I. (2022). Analisis Kompeeteensi Profeesional di SMK. Jurnal Bahana Manajeemeen Peendidikan, 11 (2). 187-191. Https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.