Disiplin Kerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kota Padang Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin kerja pegawai di Dinas Pendidikan Kota Padang ditinjau dari aspek kepatuhan terhadap peraturan, frekuensi kehadiran, tanggung jawab, ketaatan pada standar kerja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 118 orang pegawai Dinas Pendidikan Kota Padang, besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Sampel berjumlah 54 orang pegawai dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model skala likert. Ada beberapa langkah untuk melakukan teknik analisis data yaitu, verifikasi data, pemberian skor setiap jawaban, klasifikasi, tabulasi data, dan menghitung rata-rata (mean) jawaban yang diberikan responden. Kemudian mendeskripsikan data yang sudah diolah dengan kriteria yang ditetapkan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa disiplin kerja pegawai pada tempat penelitian sudah baik dengan skor (4,31) dilihat dari data berikut: (1) disiplin kerja pegawai dari aspek kepatuhan terhadap peraturan (4,36), (2) disiplin kerja pegawai dari aspek frekuensi kehadiran (4,19), (3) disiplin kerja pegawai dari aspek tanggung jawab (4,33), (4) disiplin kerja pegawai dari aspek ketaatan pada standar kerja (4,35).
References
Fathoni, A. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.
Haryani, R. (2013). Disiplin Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/2697
Hasibuan, M. S. . (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Patmarina, & Erisna. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Yang Di Mediasi Oleh Produktivitas Kerja Perusahaan CV Laut Selatan Jaya Di Bandar Lampung. Manajemen Dan Bisnis, 3(1). http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jmb/article/view/493
Rivai, V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada.
Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Bumi Aksara.
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
Syaputra, F. (2014). Disiplin Kerja Satuan Pengamanan Universitas Negeri Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3760
Wardi, I., & Adi, N. (2019). Pembinaan Disiplin Siswa Oleh Guru di SMK Negeri 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/103709
Wiyono, Y., & Haryadi, B. (2014). Peran Pemimpin, Rekan-Kerja, dan Keluarga dalam Memotivasi Karyawan di PT Mulya Adhi Paramita Surabaya. Agora, 2. https://media.neliti.com/media/publications/36250-ID-peran-pemimpin-rekan-kerja-dan-keluarga-dalam-memotivasi-karyawan-di-pt-mulya-ad.pdf
Yadrian, M., Anisah, Adi, N., & Kadri, H. Al. (2021). Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pariaman. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(4). http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/69
Copyright (c) 2022 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.