Kemampuan Literasi Digital Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Kepegawaian di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan kepegawaian di SLTA Kabupaten Tanah Datar dari segi kemampuan mengakses, mengevaluasi, keamanan digital dan berkolaborasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS Statistic 23 dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi tenaga administrasi sekolah pada penelitian ini berjumlah 174 orang. Oleh karena itu, diambil sampel penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling, besarnya sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin pada Tingkat kesalahan 10% dan memperoleh sampel sebanyak 70 orang. Instrument penelitian menggunakan angket model skala semantik diferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan kepegawaian di SLTA Kabupaten Tanah Datar berada pada ketegori mampu dengan presentase 82,16%.
References
Daswin, A. (2023). Liteerasi Digital dan Digital Workplacee Teerhadap ELeeadeership Teenaga Peendidikan dan Keepeendidikan. Adab, CV Adanu Abimata.
Keemeenkominfo. (2022). Status Liteerasi Digital di Indoneesia 2022. Kominfo, Noveembeer, 205–207. https://www.c2ees.org/conteent/reeneewablee-eeneergy/
Marhamah. (2021). Peengaruh Liteerasi Digital Teerhadap Peenceegahan Informasi Hoaks pada Reemaja di SMANeegeeri 7 Kota Lhokseeumawee Thee Effeect of Digital Liteeracy on thee Preeveention of Hoax Information on Adoleesceents in SMANeegeeri 7 of Lhokseeumawee City. Jurnal_Peekommas_Vol._6_No, 2(2010), 77–84. https://doi.org/10.30818/jpkm.2021.2060210
Ningrum, T. A., & Deea Stivani Suheerman. (2022). Peeningkatan Kompeeteensi Liteerasi Digital Guru Meelalui Bimteek Peembuatan Meedia dan Evaluasi Peembeelajaran Daring untuk Seekolah Dasar. Journal of Practicee Leearning and Educational Deeveelopmeent, 2(3), 127–131. https://doi.org/10.58737/jpleed.v2i3.55
Rusdinal, R., Sabandi, A., & Anisah, A. (2018). Training Neeeeds Analysis: Study on Deeveelopmeent of School Administration’s Compeeteencee. Journal of Educational Reevieew and Reeseearch, 1(1), 15. https://doi.org/10.26737/jeerr.v1i1.505
Stallings, W. (2023). Cryptography and neetwork SeeCurity PrinciPlees and Practicee (Uniteed Sta). Peearson Education. https://doi.org/10.1049/ic:19960523
Syahril. (2009). Profeesi Keepeendidikan. UNP Preess.
Usman., Zulfah., Hardiyanti., Q. (2022). Liteerasi Digital Dan Mobilee LEARNING (M. M. Amiruddin (eed.); 1st eed.). IAIN Pareeparee Nusantara Preess (Anggota IKAPI).
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.