Kemampuan Literasi Digital Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Kepegawaian di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas

  • Maysaroh Maysaroh May
  • Rusdinal Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Tia Ayu Ningrum Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan, Literasi Digital, Tenaga Administrasi Sekolah, Kepegawaian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan kepegawaian di SLTA Kabupaten Tanah Datar dari segi kemampuan mengakses, mengevaluasi, keamanan digital dan berkolaborasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS Statistic 23 dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi tenaga administrasi sekolah pada penelitian ini berjumlah 174 orang. Oleh karena itu, diambil sampel penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling, besarnya sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin pada Tingkat kesalahan 10% dan memperoleh sampel sebanyak 70 orang. Instrument penelitian menggunakan angket model skala semantik diferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan kepegawaian di SLTA Kabupaten Tanah Datar berada pada ketegori mampu dengan presentase 82,16%.

References

Akbar, M. F., & Anggraeeni, F. D. (2017). Teeknologi Dalam Peendidikan : Liteerasi Digital dan Seelf-Direecteed Leearning pada Mahasiswa Skripsi. Indigeenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.23917/indigeenous.v1i1.4458
Daswin, A. (2023). Liteerasi Digital dan Digital Workplacee Teerhadap ELeeadeership Teenaga Peendidikan dan Keepeendidikan. Adab, CV Adanu Abimata.
Keemeenkominfo. (2022). Status Liteerasi Digital di Indoneesia 2022. Kominfo, Noveembeer, 205–207. https://www.c2ees.org/conteent/reeneewablee-eeneergy/
Marhamah. (2021). Peengaruh Liteerasi Digital Teerhadap Peenceegahan Informasi Hoaks pada Reemaja di SMANeegeeri 7 Kota Lhokseeumawee Thee Effeect of Digital Liteeracy on thee Preeveention of Hoax Information on Adoleesceents in SMANeegeeri 7 of Lhokseeumawee City. Jurnal_Peekommas_Vol._6_No, 2(2010), 77–84. https://doi.org/10.30818/jpkm.2021.2060210
Ningrum, T. A., & Deea Stivani Suheerman. (2022). Peeningkatan Kompeeteensi Liteerasi Digital Guru Meelalui Bimteek Peembuatan Meedia dan Evaluasi Peembeelajaran Daring untuk Seekolah Dasar. Journal of Practicee Leearning and Educational Deeveelopmeent, 2(3), 127–131. https://doi.org/10.58737/jpleed.v2i3.55
Rusdinal, R., Sabandi, A., & Anisah, A. (2018). Training Neeeeds Analysis: Study on Deeveelopmeent of School Administration’s Compeeteencee. Journal of Educational Reevieew and Reeseearch, 1(1), 15. https://doi.org/10.26737/jeerr.v1i1.505
Stallings, W. (2023). Cryptography and neetwork SeeCurity PrinciPlees and Practicee (Uniteed Sta). Peearson Education. https://doi.org/10.1049/ic:19960523
Syahril. (2009). Profeesi Keepeendidikan. UNP Preess.
Usman., Zulfah., Hardiyanti., Q. (2022). Liteerasi Digital Dan Mobilee LEARNING (M. M. Amiruddin (eed.); 1st eed.). IAIN Pareeparee Nusantara Preess (Anggota IKAPI).
Published
2024-01-26
How to Cite
Maysaroh, M., Rusdinal, Hadiyanto, & Tia Ayu Ningrum. (2024). Kemampuan Literasi Digital Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Kepegawaian di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(4), 158-162. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i4.67