Pengelolaan teaching factory dalam upaya meningkatkan kompetensi peserta didik kompetensi keahlian tata boga di sekolah menengah kejuruan

  • Yosi Restu Fajar Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang
  • Irsyad Administrasi Pendidikan ,Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Administrasi Pendidikan ,Universitas Negeri Padang
  • Nelfia Adi Administrasi Pendidikan ,Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengelolaan, Teaching Factory, Tata Boga

Abstract

Tujuan penelitian untuk memperoleh informasi mengenai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, hingga faktor pendukung dan penghambat pada model pembelajaran teaching factory program keahlian Tata Boga di SMKN 1 Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitilan ini yaitu kualitatilf deskriptif dengan sumber data kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil sarana dan prasarana, wakil humas, ketua kompetensi keahlian, guru kompetensi keahlian Tata Boga dan siswa. Instrumeln pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknilk analilsis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam teknilk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumbelr. Hasil pengolahan data menunjukan SMK Negeri 1 Batusangkar sudah melaksanakan model pembelajaran teaching factory sejak tahun 2021. Namun, karena masilh dalam suasana covid 19 di optimalkan kembali pada tahun 2022. Dibuktikan dengan pengelolaan teaching factory tata boga sebagail berikut: 1) perencanaan dilakukan dengan membentuk tim pengelola teaching factory terlebih dahulu lalu menyusun rencana pembelajaran, pembiayaan, fasililtas serta publikasi, 2) pengorganisasian sudah tersusun secara sistematis berdasarkan struktur yang sudah disepakati secara bersama, 3) pelaksanaan belum berjalan secara optilmal ditandai dengan aspek kemitraan yang belum luas dan komponen teaching factory yang belum terpenuhi, 4) pengawasan, pengawasan sudah dilakukan secara integritas dan terpadu oleh semua komponen sekolah melalui pemantauan untuk menimbang kelemahan dan kekuatan yang mempengaruhi implementasi teaching factory.5) faktor pendukung sudah lengkap dan memadai dilihat dari segi lingkungan praktik, tenaga pendidik dan fasilitas sarana prasarana dan 6) faktor penghambat dalam segi sarana dan prasarana tidak ada hambatan yang berat hanya saja ada hambatan dari aspek kemitraan yang masilh belum luas.

References

Fajaryatil,Nuryakel,”elvaluasil Pellaksanaan telachilng factolry SMK dil Surakarta,” Jurusan Pelndildilkan Telknilk Ellelktrolnilka Fakultas Telknilk UNY.
Filtilranil,laillanur,Masrilam Bukilt,Siltil Mujdalilpah.”Manajelmeln Pelmbellajaran Telachilng Factolry Untuk Melnilngkatkan Kualiltas Pelmbellajaran Dil Proldil APHP SMK PPN Lelmbang”,el-IlSSN: 25414593, ElDUFOlRTElCH 7 (1) 2022
Handayanil,Kunthil, mudillarnol, “ilmplelmelntasil manajelmeln telachilng factolry dil proldil krilya kulilt SMKN 1 Kalasan,” Vollumel 1 Nol. 1 Junil , 2018.
Ilnstruktur Prelsildeln Nol 9 tahun 2016 telntang relviltalilsasil Selkollah Melnelngah Keljuruan
Jarilah, Ailnun.”manajelmeln telachilng factolry dalam upaya melnilngkatkan kolmpeltelnsil pelselrta dildilk kolmpeltelnsil tata bolga dil SMK Nelgelril 1 Barabail.” Prolsildilng Selmilnar Nasilolnal PS2DMP ULM Voll. 5 Nol. 2, 2019.
Kurilkulum,subdilt.Panduan Pellaksanaan Telachilng Factolry. Dilrelktolrat Pelmbilnaan SMK
Kurilkulum,subdilt.(2019).Panduan Pelngelmbangan telachilng factolry.dilrelktolrat pelmbilnaan SMK
Milladilah,Saril Solfa, Cahya Syaoldilh,Dadil Pelrmadil.”Ilmplelmelntasil pelmbellajaran Telachilng Factolry dalam Melnilngkatkan Kolmpeltelnsil Lulusan SMKN 3 dan SMKN 15 dil Kolta Bandung,PelTelKa (Jurnal Pelnelliltilan Tilndakan Kellas dan Pelngelmbangan Pelmbellajaran),Voll 4 Nol 3 Tahun 2021 Hal 441-454
Moldell pelmbellajaran untuk SMK Tata Bolga melngelmbangkan elkolnolmil krelatilf .(2016). Dilrelktolrat Pelmbilnaan Selkollah Melnelngah Keljuruan Kolmplelk Kelmelntelrilan Pelndildilkan dan Kelbudayaan, Geldung El, Lantail 13 Jalan Jelndelral Sudilrman, Selnayan, Jakarta 10270
Moldell Pelngellollaan Telachilng Factolry Belrbasils Poltelnsil Selkollah dan Willayah Gelolgrafils.(2019). Dilrelktolrat Pelmbilnaan Selkollah Melnelngah Keljuruan Dilrelktolrat Jelndelral Pelndildilkan Dasar dan Melnelngah Kelmelntrilan Pelndildilkan dan Kelbudayaan
Makhbubah, El. (2020). Pelmbellajaran Telachilng factolry Belrbasils Unilt Prolduksil Untuk Melnilngkatkan Selmangat Kelwilrausahaan Silswa. 3(1), 1–15.
Martawiljaya, D. H. (2012). Delvellolpilng a telachilng factolry lelarnilng moldell tol ilmprolvel prolductiloln colmpeltelncilels amolng melchanilcal elngilnelelrilng studelnts iln a volcatilolnal selnilolr hilgh schololl. Jolurnal olf Telchnilcal Elducatiloln and Trailnilng, 4(2).
Panduan telknils telachilng factolry.(2017).Delutschel gelssellschaft fur ilntelrnatilolnalel zusammelnarbelilt
Pelraturan Melntril Pelndildilkan dan Kelbudayaab Nol 34 tahun 2018 telntang standar Nasilolnal Pelndildilkan Selkollah Melnelngah Keljuruan (SMK) dan Madrasah Alilyah Keljuruan (MAK).
Published
2024-01-22
How to Cite
Restu Fajar, Y., Irsyad, Hadiyanto, & Nelfia Adi. (2024). Pengelolaan teaching factory dalam upaya meningkatkan kompetensi peserta didik kompetensi keahlian tata boga di sekolah menengah kejuruan. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(4), 143-150. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i4.60