Budaya Organisasi Di SMP Negeri Kecamatan Koto Tangah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan serta menjelaskan tentang bagaimana pemahaman siswa budaya organisasi di SMP N Kecamatan Koto Tangah pada aspek kejujuran, kepercayaan, kerja sama, komunikasi, dan tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan teknik yang digunakan proportional stratified random sampling. Populasi penelitian ini adalah para guru di SMP N Kecamatan Koto Tangah yang berjumlah 285 orang. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional stratified random sampling dan mendapatkan sampel 79 orang. Data yang terkumpul diolah dengan mengukur nilai dan presentasenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya Organisasi Di Smp Negeri Kecamatan Koto Tangah, dilihat dari aspek kejujuran memperoleh skor rata-rata 4,48, aspek kepercayaan menunjukkan bahwa skor memperoleh skor rata-rata 3,94, aspek kerjasama memperoleh skor rata-rata 4,43, aspek komunikasi memperoleh skor rata-rata 4,49, dan aspek tanggung jawab memperoleh skor rata-rata 3,96.
References
Abdulyani. 1987. Manajemen Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Caniago, M. H., Anisah, A., & Ermita, E. (2020). Pengelolaan Sarana Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(1), 28. https://doi.org/10.24036/bmp.v9i1.105329
Destriani, R. N., & Harjono, H. S. (2022). Proses Pengembangan Video Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi.
11(1), 21–30.
Hutomo, W. A., Gisituati, N., & Sabandi, A. (2022). Kesiapan tenaga administrasi sekolah dalam menghadapi perubahan organisasi pada masa wabah covid-19 di sekolah menengah pertama negeri. 2(3), 271–275.
https://doi.org/10.24036/jeal.v2i3
Tamara, A., Sabandi, A., Kadri, H. Al, & Santoso, Y. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Padang Timur. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 139–142. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.142
Yolanda, L., Adi, N., Kadri, H. Al, & Anisah, A. (2021). Persepsi Siswa Kelas XI Terhadap Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Di SMK Negeri. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 120–124. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.137
Gistituati, Nurhizrah. 2009. Manajemen Pendidikan Budaya dan Kepemimpinan Organisasi. Padang: UNP PRESS.
Hartati, W. 2018. Pembinaan Budaya Sekolah Berbasis Inovasi Pendidikan. Palembang: NoerFikri.
Hasibuan, Malayu. 2001. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kartono, Kartini. 2008. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Robbins. Stephen P. 2013. Perilaku Organisasi. Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.
Siagian, Sondang P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutrisno, Edy. 2011. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana.
Tamara, A., Sabandi, A., Kadri, H. Al, & Santoso, Y. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Padang Timur. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 139–142. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.142
Terry, George R. 1993. Prinsip-prinsip Manajemen. Bumi Aksara: Jakarta.
Tika, Moh. Pabundu. 2010. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ulfatin, N. dan T. T. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Rajawali Pers.
Wirawan. 2008. Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Yolanda, L., Adi, N., Kadri, H. Al, & Anisah, A. (2021). Persepsi Siswa Kelas XI Terhadap Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Di SMK Negeri. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 120–124. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.137
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.