Persepsi Mahasiswa tentang Efektivitas Pembelajaran Daring pada Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang

  • Weni Yunarsih Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Irsyad Irsyad Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Tia Ayu Ningrum Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: efektivitas; pembelajaran; daring

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan hasil penelitian tentang persepsi mahasiswa perihal efektivitas pembelajaran daring pada Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang dipandang asal aspek (1) mutu/kualitas pedagogi, (2) taraf pedagogi yang sempurna, (3) waktu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskripif. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan  Tahun Masuk 2018,2019,dan 2020, teknik pengambilan sampel menggunakan sebanyak 432 sehingga sampelnya sebanyaknya 81 orang. Instrumen yang digunakan yaitu angket/quisioner. Data dianalisis menggunakan memakai teknik statistic naratif menggunakan presentase. Dari penelitian diperoleh bahwa (1) mutu/kualitas pedagogi berada pada kategori relatif baik menggunakan rata-rata skor yaitu 3,3, (2) taraf pedagogi yang sempurna berada di kategori relatif baik menggunakan rata-rata skor yaitu 3,5, (3) waktu pada pembelajaran berada di kategori relatif baik menggunakan rata-rata skor 3,2

References

Darmayanti. (2007). E-learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, volume 8.
Fitriyani Yani, D. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 165–175. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Mulyasa, E. (2013). Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosadakarya.
Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.
Razali, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Psikologi Professional, Pendidikan.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Suherman. (1992). strategi belajar mengajar matematika. Universitas Terbuka.
Tampubolon. (2001). perguruan tinggi bermutu. Tampubolon (2001) mutu adalah.
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458
Elliot, S. (1993). Management of Quality In Computing Systems Education: ISO 9000 Series Quality Standards Applied. Journal of System Mangement, September, 6 - 11 dan 41 -42. Dari CD-ROM.
Published
2022-02-28
How to Cite
Yunarsih, W., Santoso, Y., Irsyad, I., & Ayu Ningrum, T. (2022). Persepsi Mahasiswa tentang Efektivitas Pembelajaran Daring pada Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 1(1), 25-29. Retrieved from https://deduksi.ppj.unp.ac.id/index.php/deduksi/article/view/5