Kesiapan Tenaga Administrasi Sekolah Menerima Perubahan di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kota Bukittinggi
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran informasi mengenai kesiapan tenaga administrasi sekolah menerima perubahan organisasi pada masa pandemi di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kota Bukittinggi dilihat dari segi keyakinan terhadap dukungan manajemen, kemampuan diri dan manfaat perubahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan jenis data kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh tenaga pelaksana urusan administrasi Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kota Bukittinggi yang berjumlah 44 orang. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala semantic differential, dan teknik analisis data menggunakan rumus mean (rata-rata) dan tingkat capaian menggunakan skala persentase. Hasil penelitian menggambarkan tingkat kesiapan tenaga administrasi sekolah menerima perubahan organisasi di Sekolah Menengah Pertama Se-Kota Bukittinggi pada aspek : (1) keyakinan terhadap dukungan manajemen berada pada kategori siap dengan skor rata-rata 5,40 dan tingkat capaian 77,13%. (2) keyakinan terhadap kemampuan diri berada pada kategori siap dengan skor rata-rata 5,21 dan tingkat capaian 74,43%. (3) keyakinan terhadap manfaat perubahan berada pada kategori siap dengan skor rata-rata 4,99 dan tingkat capaian 71,27%. Secara keseluruhan kesiapan tenaga administrasi sekolah menerima perubahan organisasi pada masa pandemi di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kota Bukittinggi berada kategori siap dengan perolehan skor rata-rata 5,20 dan tingkat capaian 74,28%
References
Dahliawati. (2015). Hubungan Komunikasi Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 3(2), 943–952.
Filardi, M., & Rifma. (2020). PERSEPSI PEGAWAI TENTANG KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA TATA USAHA SMP NEGERI DI KOTA BUKITTINGGI. Jurnal Of Educational Administration and Leadership, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX
Keputusan Mendiknas Nomor 053/U/2001 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Penyelenggaraan Persekolahan Bidang Pendidikan Dasar dan Menegah. (n.d.).
Man, W. A. (2018). Hubungan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kota Sawahlunto. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 7(2), 24. https://doi.org/10.24036/bmp.v7i2.5988
Purwoko, A. P. (2017). Kesiapan Untuk Berubah Dalam Reformasi Birokrasi Di Indonesia. Civil Service Journal, 11(02), 27–35. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1481186&val=17805&title=KESIAPAN UNTUK BERUBAH DALAM REFORMASI BIROKRASI DI INDONESIA
Rakhmada, Y. M. D., & Kusumawati. (2014). Unesa Journal of Chemical Education. Unesa Journal of Chemical Education ISSN: 2252-9454, 3(1), 70–75. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/6961/7565
Rivai, V., & Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusdinal, R., Rusyda, N. A., & Suhendra, S. (2020). Meningkatkan Self-Efficacy Matematis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Brain Based Learning. 8(2), 74–79.
Setianto, A. (2019). Analisis Kesiapan Perubahan Individu Dalam Penerapan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(4), 363–380. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/23766
Simbolon, H. (2017). Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kesiapan Menghadapi Perubahan Organisasi. Jurnal Psikodimensia, 16(02), 142–149. https://doi.org/https://doi.org/10.24167/psiko.v16i2.1183
Suwandono, Y., & Laksmi, V. V. (2019). Manajemen Perubahan Menuju Organisasi Berkinerja Tinggi. Yogyakarta: Deepublish.
Syafrianti, I. (2020). Hubungan Komitmen Organisasional dengan Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Of Educational Administration and Leadership, 1(1), 7. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX
Torang, S. (2013). Organisasi dan Manajemen (Cetakan Ke).Bandung: Alfabeta.
UU tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. (2003).
Wibowo. (2016). Manajmen Perubahan Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers
Copyright (c) 2022 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.