Hambatan Pelaksanaan Tugas Guru Dalam Pembelajaran di SMK Negeri 2 Padang
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menemukan hambatan pelaksanaan tugas guru dalam pembelajaran,. penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi 107 guru dan sampel 52 guru menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen angket, rating scale yang telah diuji coba untuk melihat validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian Hambatan Pelaksanaan Tugas Guru dalam Pembelajaran indikator : 1) merencanakan pembelajaran guru skor rata-rata 3,04 2) melaksanakan pembelajaran guru skor rata-rata 2,97, 3) evaluasi pembelajaran guru skor rata-rata 2,71, 4) remedial dan pengayaan guru skor rata-rata 3,02. Dilihat dari aspek sub variabel: 1) pemahaman guru skor rata-rata 2,89, 2) keterampilan guru skor rata-rata 3,04 , 3) waktu guru skor rata-rata 3,34, 4) fasilitas guru skor rata-rata 3,12. Dapat dikatakan hambatan pelaksanaan tugas guru dalam pembelajaran secara keseluruhan dari indikator cukup menghambat dengan skor rata-rata 2,93, maka dari itu guru harus meminimalisir permasalahan yang menghambat pelaksanaan tugas guru dalam pembelajaran di SMK Negeri 2 Padang.
References
Arsy, dkk. (2022). Implementasi Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(4), 337–341.
Hasanah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Pemahaman Tentang Perubahan Wujud Benda Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (Stad) Pada Siswa Kelas V Sdn 47/Iv Kota Jambi. Jurnal UNJA, 1–11.
Hasibuan, A. Z., & Aisiah. (2020). Pelaksanaan Remedial dan Pengayaan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA A Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 434–444. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/480
Hazmi Nahdatul. (2019). Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Journal Of Education and Instruction, VO.2, 61.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru. Vol XII.
Marini, L. M., Marsidin, S., & Adi, N. (2022). Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru di sekolah menengah kejuruan negeri. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(3), 280–285. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i3
Monika, K., Mahendra, S., & Suranata, K. (2018). Pelaksanaan Pengajaran Pengayaan untuk Siswa Yang Memiliki Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah …, 1(2), 75–82. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2303
Mudjiono dan Dimyanti. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Renika Cipta.
Murti, E. (2014). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Guru dalam Pembelajaran di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 205–209.
Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151
Rika, M. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Smpn 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2, 636–648.
Safitri, N., & Adi, N. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Mengajar Guru di SMK Negeri 1 Lembah Gumanti. Journal of Educational Administration and Leadership, 2, 69–72. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX
Saryati. (2014). Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi, 2, 669–681.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Tiyas Erayati. (2014). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Oleh Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 Di SMA. 7–8.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.