Hubungan Iklim Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Hasil belajar peserta didik yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal dan beberapa fenomena yang menyelimuti iklim sekolah menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi dan melakukan analisis tentang prestasi belajar siswa, iklim sekolah dengan indikator afiliasi, dukungan kepada peserta didik, inovasi guru, kelengkapan sumber, dan kenyamanan lingkungan serta Hubungan iklim sekolah dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan populasi siswa kelas X dan XI berjumlah 408 orang dan sampel berjumlah 80 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dalam bentuk skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Setelah melakukan analisis data dengan mencari rata-rata dan tingkat capaian responden diperoleh hasil iklim sekolah berada pada kategori baik dengan rata-rata 4,12 dan tingkat capaian responden 82,38 %. Prestasi belajar siswa dalam penelitian ini dibedakan menjadi prestasi akademik dan prestasi non akademik. Prestasi akademik siswa memperoleh skor maksimal 91 dan skor minimal 71, sementara prestasi non akademik siswa memperoleh skor maksimal 90 dan skor minimal 70. Terdapat hubungan iklim sekolah dengan prestasi belajar siswa, dengan koefisien korelasi untuk prestasi akademik sebesar 0,478 dan prestasi untuk prestasi non akademik sebesar 0,582.
References
Baehaki, F. S., & Rasimin. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Aktif Think Pair Share Berbantukan Video Animasi Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Materi Pemilu di MI Al-Islam Mergowati. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 77–82. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2
Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan IKlim Sekolah (I). Gava Media.
Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 118. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799
Gistituati, N., & Hadiyanto. (2018). Analisis Iklim Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Bukittinggi. In Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan (pp. 214–241). https://ojs.unm.ac.id/semapfip/article/view/6118
Hadiyanto. (2016). Teori Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah (1st ed.). KENCANA.
Hadiyanto, Komariah, A., Kusumastuti, G., Priatna, A., & Khuliqo, I. . (2020). The Development of Classroom Climate Study in Indonesia (A Historical Perspective). Talent Development & Excellence, 12(1), 406–414.
Hutomo, B. A., Saputri, E. D., & Nisa, A. U. K. (2021). Inovasi Pembelajaran PKN Pada Era 4.0. Jurnal Pendidikan Edutama, 1–11.
Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas : Guru Profesional yang Inspiratif,Kreatif,Menyenangkan dan Berprestasi. Alfabeta.
Lestari, R. A., Gistituati, N., Jasrial, & Syahril. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin Jambi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(2), 83–90. https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2
Matondang, A. (2019). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 44–59.
Mulyadi, T., Pranawukir, I., Sovianti, R., Mediwinata, A. F., Alfiyanto, A., & Hidayati, F. (2022). Pelaksanaan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Sosial Keagamaan, 15(June), 98–117. https://doi.org/10.32505/at.v15i1.4357
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00
Nafi’ah, Z., & Suyanto, T. (2014). Hubungan Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler Akademik dan Non Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 03, 799–813.
Pratama, R., & dkk. (2021). Persepsi dan Harapan Guru terhadap Iklim Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang. Journal Of Educational Administration and Leadership, 1(3), 52–61. http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/63/32
Prayuda Yosifa, Hadiyanto, Rifma, S. (2021). Iklim Sekolah pada Masa New Normal di SMKN 1 Padang Gelugur dan SMKN 1 Rao Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 4094–4102.
Putro, S. (2016). Hubungan Iklim Sekolah dan Kesiapan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri I Pangkalan Susu.
Romero, L. S., & Malley, M. D. O. (2020). An examination of classes of school climate perceptions among Latinx middle school students. Journal of School Psychology, 82(August), 70–84. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.08.001
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.
Rusdiana, H. A. (2014). Konsep inovasi pendidikan. Pustaka Setia. http://journal.umg.ac.id
Saputra, O., Hadiyanto, H., Sabandi, A., & Susanti, L. (2021). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Prestasi Belajar Siswa di SMAN X Koto Singkarak. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 93–99. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.125
Sari, A. S. (2018). Pengaruh Motivasi, Prestasi Akademik dan Kelompok Rujukan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi).
Sunardi, A. (2012). Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Praktik Siswa di SMK Negeri 2 Wonosobo.
Syah, M. (2017). Psikologi Belajar (15th ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Tuwa, P. H., & Faraz, N. J. (2018). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru, Pola Asuh Orang Tua, dan Iklim Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pendidikan IPS, 5(105), 1–2.
Yolanda, S., Gistitatuati, N., Sabandi, A., & Irsyad. (2018). Iklim Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang. Journal Of Educational Administration and Leadership, 7(1), 41–46. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jeal.v2i1
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.