Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Teknik Kota Padang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi mengenai Kompetensi Profesional Guru SMK Negeri Teknik Kota Padang dalam hal (1) Menguasai bahan pembelajaran, (2) Mampu menyusun program pembelajaran, (3) Mengembangkan materi pembelajaran dengan kreatif, (4) Mampu melaksanakan program pembelajaran, (5) Memanfaatkan teknologi dan informasi dalam proses pembelajaran, (6) Mampu menilai output dan pelaksanaan proses belajar mengajar. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif, yang dimana pengambilan sampelnya memakai rumus Cochran dan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling sebesar 81 orang guru. Instrumen yang digunakan yaitu model Skala Likert menggunakan 5 cara lain jawaban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Profesional Guru SMK Negeri Teknik Kota Padang berada pada kategori mampu dengan rata-rata 3,94.
References
Masbur. 2012. Remedial Teaching Sebagai Suatu Solusi; Suatu Analisis Teoritis. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 12(2).
Nellitawati, dkk. (2021). Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 1 Padang Panjang. Padang: Jurnal Bahana. Journal of Educational Administration and Leadership. Padang: UNP
Sagala, S. (2011). Kemampuan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Setyawan. 2013. Penerapan Ice Breaking (Penyegar Pembelajaran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIII A Mts An-Nur Pelopor Bandarjaya Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika 3(1):10.
Silvia, Sri. (2013). Persepsi Guru Terhadap Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Oleh Kepala Sekolah Di SMP Negeri 18 Padang. Jurnal Bahana Administrasi Pendidikan. Padang: UNP
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Video Drama Berbasis Audio Visual.
UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (n.d.)
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.