Identifikasi Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Tugas di SMA Negeri

  • Hanif Al Kadri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Lusi Susanti Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Widiawati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Indra Jaya Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan Guru; Pelaksanaan Tugas

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan melihat pentingnya kemampuan guru dalam pelaksanaan tugasnya. Fenomena penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru tidak memiliki kemampuan yang baik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kemampuan guru dalam pelaksanaan tugas di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bukittinggi. Populasi penelitian ini adalah guru SMA Negeri di Kota Bukittinggi yang berjumlah 124 guru. Jumlah sampel penelitian ini adalah 62 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data dianalisis dengan menentukan rata-rata dan persentase masing-masing variabel. Berdasarkan analisis data penelitian ini, terdapat beberapa kesimpulan. Yaitu (1) identifikasi kemampuan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Kota Bukittinggi dapat dikategorikan mampu sebesar 76,44%, (2) identifikasi kemampuan guru dalam mewujudkan pembelajaran di Madrasah Aliyah Kota Bukittinggi dapat dikategorikan mampu dengan persentase 76,56%, (3) identifikasi kemampuan guru dalam mengevaluasi pembelajaran di Madrasah Aliyah Kota Bukittinggi dapat dikategorikan mampu dengan nilai 75,33. %, (4) Secara keseluruhan identifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bukittinggi dapat dikategorikan mampu yaitu sebesar 76,12%.

References

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Saud, Udin Syaefuddin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Saondi, Ondi dan Aris Suherman.2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.
Karmawati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas Classroom Management) Guru Profesional yang inspiratif, Kreatif, menyenangkan dan berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.
Uno. Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta Rineka Cipta.
Published
2023-05-02
How to Cite
Al Kadri, H., Susanti, L., Widiawati, & Jaya, I. (2023). Identifikasi Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Tugas di SMA Negeri. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(2), 37-42. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i2.20