Identifikasi Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Tugas di SMA Negeri
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan melihat pentingnya kemampuan guru dalam pelaksanaan tugasnya. Fenomena penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru tidak memiliki kemampuan yang baik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kemampuan guru dalam pelaksanaan tugas di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bukittinggi. Populasi penelitian ini adalah guru SMA Negeri di Kota Bukittinggi yang berjumlah 124 guru. Jumlah sampel penelitian ini adalah 62 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data dianalisis dengan menentukan rata-rata dan persentase masing-masing variabel. Berdasarkan analisis data penelitian ini, terdapat beberapa kesimpulan. Yaitu (1) identifikasi kemampuan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Kota Bukittinggi dapat dikategorikan mampu sebesar 76,44%, (2) identifikasi kemampuan guru dalam mewujudkan pembelajaran di Madrasah Aliyah Kota Bukittinggi dapat dikategorikan mampu dengan persentase 76,56%, (3) identifikasi kemampuan guru dalam mengevaluasi pembelajaran di Madrasah Aliyah Kota Bukittinggi dapat dikategorikan mampu dengan nilai 75,33. %, (4) Secara keseluruhan identifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bukittinggi dapat dikategorikan mampu yaitu sebesar 76,12%.
References
Saud, Udin Syaefuddin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Saondi, Ondi dan Aris Suherman.2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.
Karmawati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas Classroom Management) Guru Profesional yang inspiratif, Kreatif, menyenangkan dan berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.
Uno. Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta Rineka Cipta.
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.