Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Kota Sungai Penuh

  • Fedila Jelvita Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Sufyarma Marsidin Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Sabandi Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Anisah Anisah Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Kinerja Guru; Covid-19; Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kinerja.guru.pada.masa.pandemi covid-19 di.SMA  Kota Sungai Penuh belum terealisasi sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini yaitu  untuk memperoleh informasi tentang kinerja.guru.pada masa.pandemi.covid-19 di.SMA Kota Sungai Penuh dalam mengajar, mendidik dan, membimbing. Jenis penelitian ini adalah  deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu  semua guru di SMA Kota Sungai Penuh dengan jumlah populasi 371 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu 79 orang. Adapun penarikan sampel dilakukan menggunnakan teknik propotional stratified random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket model skala likert yang sudah di uji validitas reliabilitas. Hasil penelitian menerangkan bahwa: 1) kinerja guru dalam mengajar pada masa pandemi covid-19 di SMA Kota Sungai Penuh cukup terlaksana dengan rata-rata skor 3,41, 2) kinerja guru dalam mendidik siswanya pada masa pandemi covid-19 di SMA  Kota Sungai Penuh cukup terlaksana dengan rata-rata skor 3,47, dan 3) kinerja guru dalam membimbing siswanya masa pandemi covid-19 di SMA Kota Sungai Penuh cukup terlaksana dengan rata-rata skor 3,58. Dapat disimpulkan bahwa kinerja guru pada masa pandemi covid-19 di SMA Kota Sungai Penuh berada pada kategori cukup dengan rata-rara skor 3.48. Artinya kinerja guru pada masa pandemi covid-19 di SMA Kota Sungai Penuh cukup terlaksana dengan skor 3,48

References

Busyra, S. dan L. S. (2020). Kinerja Mengajar dengan Sistem Work From Home (WFH) Pada Guru di SMK Purwakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 1–18. https://doi.org/http://doi.org/10.37542/iq.v3i01.51
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Yrama Widya.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi. Rineka Cipta.
Hartinah, Sri, D. (2020). KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR: Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Mts N Kepahiang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 217–233. https://doi.org/http://doi.org/10.30868/im.v3i02.839
Humaera, R. dan R. (2021). Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 06 Balai-Balai pada Masa Covid-19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 1–7. https://doi.org/http://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1
Husaini, U. (2011). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidika. Bumi Aksara.
Karwati, E. dan D. J. P. (2013). Kinerja Dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Alfabeta.
Moh Uzer, U. (2011). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
PERMENDIKNAS Republik Indonesia No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, (2007).
Rosali, E. S. (2020). Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index
Sadikin, A. dan A. H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(02), 214–224. https://doi.org/http://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saodi, O. dan A. S. (2012). Etika Profesi Keguruan. Refika Utama.
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT RajaGrafindo Persada.
Sari, D. P. (2018). Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 7(1), 34–42. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana
Suhardiman, B. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah. Rineka Cipta.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Rajawali Pers.
Supriadie, D. dan D. D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Suryobroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.
Published
2022-02-28
How to Cite
Jelvita, F., Marsidin, S., Sabandi, A., & Anisah, A. (2022). Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Kota Sungai Penuh. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 1(1), 7-12. Retrieved from https://deduksi.ppj.unp.ac.id/index.php/deduksi/article/view/2