Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Kota Sungai Penuh
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kinerja.guru.pada.masa.pandemi covid-19 di.SMA Kota Sungai Penuh belum terealisasi sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi tentang kinerja.guru.pada masa.pandemi.covid-19 di.SMA Kota Sungai Penuh dalam mengajar, mendidik dan, membimbing. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu semua guru di SMA Kota Sungai Penuh dengan jumlah populasi 371 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu 79 orang. Adapun penarikan sampel dilakukan menggunnakan teknik propotional stratified random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket model skala likert yang sudah di uji validitas reliabilitas. Hasil penelitian menerangkan bahwa: 1) kinerja guru dalam mengajar pada masa pandemi covid-19 di SMA Kota Sungai Penuh cukup terlaksana dengan rata-rata skor 3,41, 2) kinerja guru dalam mendidik siswanya pada masa pandemi covid-19 di SMA Kota Sungai Penuh cukup terlaksana dengan rata-rata skor 3,47, dan 3) kinerja guru dalam membimbing siswanya masa pandemi covid-19 di SMA Kota Sungai Penuh cukup terlaksana dengan rata-rata skor 3,58. Dapat disimpulkan bahwa kinerja guru pada masa pandemi covid-19 di SMA Kota Sungai Penuh berada pada kategori cukup dengan rata-rara skor 3.48. Artinya kinerja guru pada masa pandemi covid-19 di SMA Kota Sungai Penuh cukup terlaksana dengan skor 3,48
References
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Yrama Widya.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi. Rineka Cipta.
Hartinah, Sri, D. (2020). KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR: Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Mts N Kepahiang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 217–233. https://doi.org/http://doi.org/10.30868/im.v3i02.839
Humaera, R. dan R. (2021). Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 06 Balai-Balai pada Masa Covid-19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 1–7. https://doi.org/http://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1
Husaini, U. (2011). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidika. Bumi Aksara.
Karwati, E. dan D. J. P. (2013). Kinerja Dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Alfabeta.
Moh Uzer, U. (2011). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
PERMENDIKNAS Republik Indonesia No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, (2007).
Rosali, E. S. (2020). Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index
Sadikin, A. dan A. H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(02), 214–224. https://doi.org/http://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saodi, O. dan A. S. (2012). Etika Profesi Keguruan. Refika Utama.
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT RajaGrafindo Persada.
Sari, D. P. (2018). Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 7(1), 34–42. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana
Suhardiman, B. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah. Rineka Cipta.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Rajawali Pers.
Supriadie, D. dan D. D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Suryobroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.
Copyright (c) 2022 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.