Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Oleh Guru di SMK Negeri 2 Padang Sumatera Barat

  • Himayatul Rahmi Sikumbang Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Jasrial Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi, Pelaksanaan, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang memaparkan serta menjelaskan bagaimana persepsi guru tentang pelaksanaan pembelajaran daring oleh guru di SMK Negeri 2 Padang pada aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan siswa terhadap kegiatan  pelaksanaan pembelajaran daring oleh guru di SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat: 1) kegiatan perencanaan pembelajaran daring, 2) kegiatan pelaksanaan pembelajaran daring, 3) kegiatan evaluasi pembelajaran daring, 4) kegiatan tindak lanjut daring. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang yang berjumlah 540 orang dan besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10% dengan teknik Simple Random Sampling sebanyak 90 orang siswa. Instrumen penelitian angket model skala Likert. Hasil dan analisis pengolahan data menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Padang Sumatera Barat dilihat dari penjelasan berikut : (1) kegiatan perencanaan pembelajaran daring yang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3.78, (2) kegiatan pelaksanaan pembelajaran daring yang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4.06, (3) kegiatan evaluasi pembelajaran daring yang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4.02, (4) kegiatan tindak lanjut pembelajaran daring yang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3.88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Padang dilakukan dengan baik, dengan rata-rata 3.94 (baik).

References

Arthana, I Ketut Resika, Gede Rasben Dantes, and Nyoman Dantes. 2018. “Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Bidang Pendidikan Melalui Penerapan Smart School.” Jurnal Widya Laksana, 7 (1): 81–91.
Djamarah, Zain dan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hade, A. (2019). Pengembang Model Pembelajaran Virtual (MPV) Berbasis Video E-Learning Moodle. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 30(05), 3–8.
Halimahturrafiah, N., Adi, N., & Marsidin, S. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru di. 5, 4128–4134.
Kustandi, cecep., dan Sucipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran : Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Marnia, W., Jasrial, J., Rusdinal, R., & Rifma, R. (2021). Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Pembelajaran Oleh Pamong Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Padang Pariaman. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 222–230. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.165
M.Khusniati. 2012. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1: 2.
Muhammad, MH. 2017. “Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Tembilahan Kec.Tembilahan Kab.Indragiri Hilir.” Jurnal Primary Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Vol 6, No.
Ririn Humaera, R. (2020). Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 06 Balai-Balai pada Masa Covid-19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10, 8–14.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Cetak Ke 12). Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sugihartono, Dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistic
Yurine dan Listiadi, Meikasari, Agung. n.d. “Pengembangan Game ‘Bingo Accounting’ Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Surabaya.” Jurnal Pendidikan 4(3).
Yunarsih, W., Santoso, Y., & Ningrum, T. A. (2022). Deduksi : Jurnal Dedikasi Edukasi Persepsi Mahasiswa tentang Efektivitas Pembelajaran Daring pada Jurusan. 1(1), 25–29.
Published
2023-02-28
How to Cite
Himayatul Rahmi Sikumbang, & Jasrial. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Oleh Guru di SMK Negeri 2 Padang Sumatera Barat. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(1), 25-29. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i1.18