Persepsi Pegawai Tentang Pemeliharaan Sarana di Kantor Dinas Sosial Kota Padang
Abstract
Pemeliharaan sarana kantor adalah salah satu bagian dari pengelolaan sarana yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas sarana kantor tetap bagus. Pemeliharaan sarana penting dilaksanakan supaya keadaan barang dalam kondisi terjaga atau siap untuk dipakai dan barang bertahan lebih lama. Sarana kantor adalah salah satu dari faktor pendukung bagi suatu lembaga untuk berhasil mencapai tujuan. Sarana kantor merupakan hal penting yang harus dipersiapkan secara maksimal, sehingga dapat menunjang pekerjaan kerja pegawai agar lebih profuktif. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data tentang bagaimana pemeliharaan sarana kantor di Dinas Sosial Kota Padang yang dinilai dari segi membersihkan, menyimpan, mencegah dan memperbaiki. Teknik pengambilan sampel Total Sampling adalah teknik yang digunakan penulis dalam pengambilan sampel penelitian, dimana sampel mengambil jumlah seluruh populasi yang ada yaitu 36 orang. Model Skala Likert adalah instrumen penelitian yang penulis gunakan dengan lima pilihan jawaban yang disediakan. Dilihat dari hasil analisis data yang telah penulis lakukan, maka didapati pemeliharaan sarana kantori di Dinas Sosial Kota Padang termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,01. Diharapakan nantinya pemeliharaan sarana di Kantor Dinas Sosial Kota Padang bisa terus bertahan pada tingkat yang baik dan bisa naik ke level sangat baik.
References
Ansori,Nachnul. dan Mustajib, M. I. (2013). Sistem Perawatan Terpadu (Integrated Maintenance System). Graha Ilmu.
Ary, G. (2014). Manajemen sarana pembelajaran di sekolah menengah kejuruan negeri kelompok bisnis manajemen kota padang. Bahana Manajemen Pendidikan, 2.
Atmodiwirio. Soebagio. (2005). Manajemen Pelatihan. rdadizya Jaya.
Cudney dan Agustiady. (2015). Total Productive Maintenance: Strategies and Implementation Guide. CRC Press, Taylor & Francis Group.
Ekfinofriza, R. (2021). Persepsi Guru Tentang Pemeliharaan Sarana Pembelajaran di SMKN 8 Padang. Bahana Manajemen Pendidikan.
Handoko. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.
Minarti Sri. (2011). Manajemen Sekolah. Ar-Ruzz Media.
Nabila, R. (2021). Implementasi Standar Prasarana d i S MAN Se - Kecamatan Koto Tangah Padang. Bahana Manajemen Pendidikan.
Primadani Insan, G. D. (2020). ANALISIS PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN SARANA PRASARANA DI UNIT PELAYANAN PAJAK RETRIBUSI DAERAH KEBAYORAN LAMA. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Rosivia. (2014). Peningkatan pengelolaan sarana prasaranapendidikan di smp negeri 10 padang. Bahana Manajemen Pendidikan, Volume 2 N.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645
Suryana, A. T. (2020). Teori dan Praktik Manajemen Sarana dan Prasarana Pesantren. Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 2(1), 44–59.
Syahril. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Sukabina Press.
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.