Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 31 Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya kompetensi kepribadian yang dimiliki guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 31 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai persepsi siswa tentang: kepribadian guru yang mantap dan stabil, kepribadian guru yang dewasa, kepribadian guru yang arif, kepribadian guru yang berwibawa, serta kepribadian guru yang berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan di SMPN 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasinya seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah 766 orang siswa SMPN 31 Padang. Sampel berjumlah 112 orang, diambil menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket model skala Likert yang telah diuji cobakan untuk melihat validitas dan reliabilitasnya pada tingkat kepercayaan 5%. Yang hasilnya dari 50 item pernyataan, 40 item valid dan 5 item invalid, kemudian direvisi yang invalid serta dinyatakan reliabel. Data diolah menggunakan rumus mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang: (a) kepribadian guru yang mantap dan stabil 4,2, (b) kepribadian guru yang dewasa 4,0, (c) kepribadian guru yang arif 4,1, (d) kepribadian guru yang berwibawa 4,1, serta (e) kepribadian guru yang berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan 4,3. Jadi persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru di SMPN 31 Padang sudah terlaksana dengan baik yaitu dengan skor rata-rata 4,1.
References
Undang-Undang (UU) tentang guru dan dosen nomor 14, Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia 2 (2005). https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/regulasi/undang-undang/Documents/Pages/undang-undang-nomo
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi belajar. Rineka Cipta.
Ermita, E., & Anisah, A. (2013). Pembinaan Dan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri (Sman). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 81. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4285
Hatta. (2018). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesional Guru. Nizamia Learning Center.
Nufi, A., Agansya, A., Pertiwi, B., & Yuani, F. D. (2018). Guru Wow Untuk Kids Zaman Now. Diva Press.
Rochman, & Gunawan. (2017). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Menjadi Guru yang Dicintai dan Diteladani oleh Siswa. Nuansa Cendekia.
Rohmah, K. K., & Marimin. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mangajar. Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 813–824.
Sujarwati, Ermita, Nellitawati, & Anisah. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru di SMK N 10 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL), 1(4), 116–119. http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/article/view/86
Sulthani, M. L. (2010). Taqwa. Al Mawardi Prima.
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. JURNAL BAHANA MANAJEMEN PENDIDIKAN, 9(2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2
Syukur, F. (2011). Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah. Pustaka Rizki Putra.
Wahyu, D. P., Sabandi, A., Adi, N., & Susanti, L. (2021). PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SOLOK. JOURNAL OF EDUCATIONAL ADMINISTRATION AND LEADERSHIP, 2(2), 110–115. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2
Zamhir, T. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Kepribadian Guru Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Kosgoro 2 Payakumbuh. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 737–746.
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.