Iklim Kelas SMK Negeri di Kota Bukittinggi (Sebelum dan pada Masa New Normal)

  • Adrian Pratama Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Rifma Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Jasrial Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Iklim Kelas, New Normal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Iklim Kelas SMK Negeri di Kota Bukittinggi (Sebelum dan Pada Masa New Normal) dilihat dari kekompakan, keterlibatan, kecepatan, kesulitan, demokrasi, kejelasan aturan, kelengkapan sumber, dan lingkungan fisik.  Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa SMK N 1 Bukittinggi dan SMK N 2 Bukittinggi yang berjumlah 1113 orang. Penentuan sampel menggunakan Teknik Stratified Proportional Random Sampling dengan total 101 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dalam bentuk pada skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan Iklim Kelas SMK Negeri di Kota Bukittinggi sebelum new normal lebih kondusif dibandingkan dengan iklim kelas pada masa new normal. Hal tersebut terlihat pada skor rata-rata keseluruhan iklim kelas sebelum new normal termasuk kategori kondusif dengan skor rata-rata 3,9 sedangkan iklim kelas pada masa new normal termasuk kategori cukup kondusif dengan skor rata-rata 3,5. Untuk itu, disarankan adanya peningkatan dan perbaikan iklim kelas terutama pada skala-skala digunakan, agar terciptanya iklim kelas yang kondusif dalam proses pembelajaran minimal sama dengan kondisi sebelum pandemi Covid-19.

References

Cowley, S. (2011). Panduan Manajemen Perilaku Siswa. Jakarta: Erlangga.
Elsa, Mi. (2014). Iklim Organisasi Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 173–178.
Ferdianto, F. (2020). Pengaruh Iklim Kelas dan School Well-Being Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Program SKS dan Program Reguler. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Fiteriani, I. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. 2(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1286
Fraser, B. J. (1986). Classroom Environment. London: Croom Helm.
Hadiyanto. (2016). Teori Dan Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah (Pertama). Jakarta: Kencana.
Hadiyanto. (2018). Iklim Kelas di Sekolah Dasar Negeri 10 Ganting, Koto Tangah, Kota Padang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 38–44.
Hadiyanto. (2020). The Development of Classroom Climate Study in Indonesia (A Historical Perspective). Talent Development & Excellence, 12(1), 406–414.
Hadiyanto dan Hade. (2019). Improving Classroom Climate of the Course of Educational Administration and Supervision. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 335, 350–355.
Hadiyanto dan Helsa. (2019). Creating Conducive Environment on Learning Math in Tetriary Education. Sciences and Technology (GCSST), 2, 392–397. https://doi.org/https://doi.org/10.32698//tech1315177
Harjali. (2016). Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif : Studi Fenomenologi pada Kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(1).
Nasution, I. N. (2018). Hubungan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Abdurrab. 1(2), 98–110. Retrieved from http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/528
Nurhizrah Gistituati, H. (2019). Development of an Instrument to Measure the Inclusive Classroom Climate. Proceedings of the 1st Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium, 464, 193–196.
Pratama Ryan, D. (2021). Persepsi dan Harpan Guru terhadap Iklim Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang. Journal Educational Administration And Leadership, 1(3), 52–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jeal.v1i3
Rahmi, R. (2017). Peran Pelibatan Diri Siswa Sebagai Mediator dalam Hubungan Antara Iklim Kelas dengan Sikap Kreatif Siswa SD Sekolah Alam. 16(1), 77–87. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.16.1.77-87
Sari Framesti Regita Cahyani, D. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Iklim Organisasi Di Smk Negeri 4 Padang. Journal Educational Administration And Leadership, 1(2), 8–12. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jeal.v1i2
Setiyadi, B. (2020). Hubungan Iklim Kelas dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik. 8(1), 26–30. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i1.1960
Sukri, R. (2014). Hubungan Iklim Organisasi Dengan Motivasi Kerja Pegawai Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 722–728.
Supit Michella, D. (2021). Hubungan Iklim Sekolah dengan Semangat Kerja Guru SMP Negeri Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 91–97.
Published
2023-02-27
How to Cite
Pratama , A., Hadiyanto, Rifma, & Jasrial. (2023). Iklim Kelas SMK Negeri di Kota Bukittinggi (Sebelum dan pada Masa New Normal). Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 1(4), 29-38. Retrieved from https://deduksi.ppj.unp.ac.id/index.php/deduksi/article/view/11