Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di sekolah menengah kejuruan negeri bidang pariwisata kota padang
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kinerja guru di SMKN Bidang Pariwisata kota padang. Tujuan dari studi ini ialah guna mengetahui seberapa besar kinerja guru dipengaruhi oleh motivasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 147 dan sampel 107. Data penelitian dilakukan dengan penyebaran angket menggunakan skala model likert. Dari penelitian tersebut dapat diperoleh : 1) Motivasi Di SMK Negeri Bidang Pariwisata Kota Padang tergolong baik dengan rata-rata skor 83,10%; 2) kinerja guru di SMK Negeri Bidang Pariwisata kota Padang tergolong kategori tinggi dengan skor rata-rata 88,24%; 3) Motivasi dinyata memiliki pengaruh terhadap Kinerja guru Di SMK Negeri Bidang Pariwisata Kota Padang dengan koefesien regresi 25,9% dan ada hal-hal lain yang mempengaruhi 74,1. Dapat disimpulkan bahwasannya kinerja guru dipengaruhi oleh motivasi.
References
Ermita. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Di Smk N 4 Padang. Bahana Manajemen Pendidikan, 8(3), 7. http://103.216.87.80/index.php/pedagogi/article/view/5827
Ermita, E., & Anisah, A. (2013). Pembinaan Dan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri (Sman). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 81. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4285
Gunawan, Ibrahim, dan A. (2018). Kompetensi Kinerja Guru Menurut Kurikulum Karakter (K-13). Jakarta: Sefa Bumi Persada.
Madjid, A. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui:Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru.
Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859
Salsabila, Alkadri, H., Sulastri, S., & Afriansyah, H. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bisnis Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambunsai, 8, 5346–5355. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13217
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.