Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi persepsi siswa terhadap pelayanan perpustakaan di SMK Negeri se-Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan yang belum optimal. Fokus penelitian meliputi lima aspek utama: sirkulasi, referensi, akses internet, preservasi dan konservasi, serta ruang baca. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI dan XII di SMK Negeri se-Kecamatan Guguak, berjumlah 1.258 orang. Sebanyak 108 siswa dipilih sebagai sampel menggunakan rumus Slovin dan teknik proporsional random sampling.Instrumen yang digunakan adalah angket Skala Likert, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya; hasilnya 42 dari 46 item angket dinyatakan valid. Data dianalisis dengan rumus mean (rata-rata) untuk menentukan persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persepsi siswa terhadap pelayanan sirkulasi mencapai 3,93; pelayanan referensi 3,95; akses internet 3,99; preservasi dan konservasi 4,06; dan ruang baca 4,12. Skor rata-rata keseluruhan persepsi siswa terhadap pelayanan perpustakaan adalah 4,01, menunjukkan bahwa pelayanan perpustakaan di SMK Negeri se-Kecamatan Guguak secara umum sudah dianggap baik oleh siswa.Temuan ini mengindikasikan bahwa pelayanan perpustakaan di sekolah-sekolah tersebut telah memenuhi harapan siswa dalam berbagai aspek penting, walaupun masih ada ruang untuk perbaikan dalam mencapai kualitas layanan yang optimal sesuai kebutuhan siswa.
References
Angraini, B. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Padang. Journal Of Educational Administration and Leadership, 1, 124–126. Https://Doi.Org/10.24036/Jeal.V1i3
Candra, A. (2015). Pembinaan Pegawai Perpustakaan Dalam Pelaksanaan Tugasnya Oleh Kepala Sekolah Lanjutan Tingkat Atasnegeri Kabupaten Lima Puluh Kota (Vol. 3, Issue 2).
Ivancevich, J. M. Dkk. (2008). Perilaku Dan Manajemen Organisasi, Jilid 1 Dan 2. Erlangga.
Lasa, H. S. (2002). Membina Perpustakaan Madrasah Dan Sekolah Islam. Adicita Karya Nusa.
Nuha, U. (2016). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Dengan Pendekatan Bilingual. Libraria: Jurnal Perpustakaan 2.1.
Octovieri, T., Susanti, L., & Susantir, L. (2016). Persepsi Mahasiswa Fip Angkatan 2016 Terhadap Pelayanan Perpustakaan Fip Unp. Journal Of Educational Administration And Leadership, 1(4), 124–126. Https://Doi.Org/10.24036/Jeal.V1i3
Putri, P., Pendidikan, A., & Negeri Padang Pertiwi Putri, U. (2023). Persepsi Siswa Tentang Pelayanan Pegawai Perpustakaan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Padang. Journal Of Educational Administration and Leadership, 3, 241–246. Https://Doi.Org/10.24036/Jeal.V3i4
Sondang P. Siagian. (2007). Fungsi-Fungsi Manajerial: Vol. Jakarta. Bumi Aksara (Issue 3). Universitas Galuh Ciamis.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.