Pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Padang Panjang
Abstract
Proyek penguatan profil pelajar pancasila merupakan suatu aktivitas pembelajaran yang bertujuan
mengembangkan karakter dan kemampuan siswa selaras dengan nilai-nilai yang ada di pancasila.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah metode pembelajaran baru yang dibentuk oleh
Kemendikbudristek yang termasuk kedalam kurikulum merdeka. Dalam proyek penguatan profil pelajar
pancasila menekankan enam dimensi pokok yang menjadi tujuannya. Penelitian bertujuan untuk
menjelaskan terkait dengan pengelolaan proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMKN 1 Padang
Panjang mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Padang Panjang. Adapun yang
menjadi subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum, guru sebagai koordinator serta
fasilitator proyek penguatan profil pelajar pancasila. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan strudi dokumentasi. Untu mengnalisis data menggunakan analisis
Milles dan Huberman yaitu dengan cara pengumpulan data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Metode keabsahan data dengan memakai triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini
ini adalah: 1) Perencanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMKN 1 Padang Panjang
meliputi pembentukan tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan atau sekolah,
menetapkan dimensi, tema dan alokasi waktu, serta melakukan penyusunan modul projek 2)
Pelaksanaan proyek yang dimulai dari perencanaan projek, pelaksanaan projek, dan melakukan asesmen
terhadap pelaksanaan projek 3) Evaluasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMKN 1 Padang
Panjag dengan melakukan penilaian pada saat pelaksanaan projek dan mengolahnya kedalam rapor P5.
References
Negeri 2 Terang- Development of Literacy-Based Science Learning Modules. Pinisi Journal of
Art, Humanity & Social Studies, 1–14.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal
Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada
Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah
Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Mubarak, D. H. A. Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Era Revolusi 4.0. Penyelaras Aksara.
https://play.google.com/books/reader?id=QH6IEAAAQBAJ&pg=GBS.PR4&hl=id&source=gbs_atb
Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, Kandi, S., & Tracey, Y. H.
(2024). Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 207.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf
Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta, 138.
Setiadi, H. (2014). Dasar-Dasar Teori Perencanaan. Teori Perencanaan, 1–47.
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. et al. (2021).
Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan
menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbudristek, 1–108.
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Yuliastuti, S., Ansori, I., & FAthurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran
Ilmu Kependidikan Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/LIK, 51(2), 76–87.
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.