Pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Padang Panjang

  • Indriani Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Keywords: Pengelolaan, Projek penguatan profil pelajar pancasila

Abstract

Proyek penguatan profil pelajar pancasila merupakan suatu aktivitas pembelajaran yang bertujuan
mengembangkan karakter dan kemampuan siswa selaras dengan nilai-nilai yang ada di pancasila.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah metode pembelajaran baru yang dibentuk oleh
Kemendikbudristek yang termasuk kedalam kurikulum merdeka. Dalam proyek penguatan profil pelajar
pancasila menekankan enam dimensi pokok yang menjadi tujuannya. Penelitian bertujuan untuk
menjelaskan terkait dengan pengelolaan proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMKN 1 Padang
Panjang mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Padang Panjang. Adapun yang
menjadi subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum, guru sebagai koordinator serta
fasilitator proyek penguatan profil pelajar pancasila. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan strudi dokumentasi. Untu mengnalisis data menggunakan analisis
Milles dan Huberman yaitu dengan cara pengumpulan data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Metode keabsahan data dengan memakai triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini
ini adalah: 1) Perencanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMKN 1 Padang Panjang
meliputi pembentukan tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan atau sekolah,
menetapkan dimensi, tema dan alokasi waktu, serta melakukan penyusunan modul projek 2)
Pelaksanaan proyek yang dimulai dari perencanaan projek, pelaksanaan projek, dan melakukan asesmen
terhadap pelaksanaan projek 3) Evaluasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMKN 1 Padang
Panjag dengan melakukan penilaian pada saat pelaksanaan projek dan mengolahnya kedalam rapor P5.

References

Asmin, M., Sahabuddin, E. S., & Makkasau, A. (2023). Alam Berbasis Literasi Siswa Kelas Iv Sd
Negeri 2 Terang- Development of Literacy-Based Science Learning Modules. Pinisi Journal of
Art, Humanity & Social Studies, 1–14.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal
Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada
Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah
Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Mubarak, D. H. A. Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Era Revolusi 4.0. Penyelaras Aksara.
https://play.google.com/books/reader?id=QH6IEAAAQBAJ&pg=GBS.PR4&hl=id&source=gbs_atb
Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, Kandi, S., & Tracey, Y. H.
(2024). Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 207.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf
Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta, 138.
Setiadi, H. (2014). Dasar-Dasar Teori Perencanaan. Teori Perencanaan, 1–47.
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. et al. (2021).
Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan
menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbudristek, 1–108.
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Yuliastuti, S., Ansori, I., & FAthurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran
Ilmu Kependidikan Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/LIK, 51(2), 76–87.
Published
2024-10-16
How to Cite
Indriani, & Yulianto Santoso. (2024). Pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Padang Panjang. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 3(1), 31-36. https://doi.org/10.24036/deduksi.v3i1.104