Persepsi Guru Tentang Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah di SMK se-Kecamatan Padang Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMK se Kecamatan Padang Timur dilihat dari skala: keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), bukti fisik (tangibility). Penelitian ini bersifat deskriptif dengam mengunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 243 guru di SMK se Kecamatan Padang Timur. Penarikan sampel sebanyak 70 guru menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Instrument yang digunakan adalah angket/ kuesioner dengan model skala likert, yang telah di uji coba untuk melihat validitas dan reliabilitas angket didapatkan 48 butir valid dan 2 butir tidak valid. Hasil penelitian yang didapatkan persepsi guru tentang pelayanan tenaga administrasi sekolah. 1) dilihat dari aspek keandalan (reliability) kategori baik dengan skor rata-rata 4,2. 2) dilihat dari aspek ketanggapan (responsiveness) kategori baik dengan capaian skor rata-rata 4,3, 3) dilihat dari aspek bukti fisik (tangibility) kategori baik dengan capaian skor rata-rata 4,4. Untuk itu, sebaiknya pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMK se Kecamatan Padang Timur lebih optimal dalam mendukung kegiatan belajar mengajar, terutama dalam membantu guru, tidak hanya mendukung kelancaran proses administrasi, tetapi juga berkontribusi langsung pada kualitas pendidikan di sekolah.
References
Ashari, P. C., Hadiyanto, H., Nelitawati, N., & Ermita, E. (2021). Persepsi Siswa Tentang Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah di SMKN 1 Enam Lingkung. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 88–92.
Audah, Z. (2020). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah Martapura. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 159.
Febriani, R. (2014). Persepsi Guru Terhadap Pelayanan Administratif. Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan, 2, 608 ‐ 831.
Hadiyanto. (2016). Teori Dan Pengembangan Ikllm Kelas & Ikllm Sekolah. Jakarta: Kencana.
Hanafi, M. (2019). Peranan Administrasi Kepegawaian Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(1), 51–59.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003. (n.d.).
Mayasari, E. (2023). Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi (Analisis Soal, Indek Kesukaran, Daya Beda dan Fungsi Distraktor). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 56–66.
Rahmadanti, A. (2015). Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Prima Di Sma Negeri 2 Painan. Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan, 3, 2–7.
Sinambela, L. . (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarhid. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. 5(2), 141–155.
Tiffani, N. M., Gistituati, N., & Santoso, Y. (2021). Persepsi Murid Terhadap Layanan Tenaga Administrasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Teknik Negeri Se-Kota Padang. Journal Educational Administration and Leadership (JEAL), 2, 100–105.
Wila, F., Hadiyanto, Rifma, & Susanti, L. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Pegawai Tata Usaha di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 83–87
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.