Persepsi Guru Tentang Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah di SMK se-Kecamatan Padang Timur

  • Adelya Amanda Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Pelayanan, Tenaga Administrasi Sekolah

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  memperoleh  gambaran  tentang pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMK se Kecamatan Padang  Timur dilihat dari skala: keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), bukti fisik (tangibility). Penelitian ini bersifat deskriptif dengam mengunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 243 guru di SMK se Kecamatan Padang Timur. Penarikan sampel sebanyak 70 guru menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Instrument yang digunakan adalah angket/ kuesioner dengan model skala likert, yang telah di uji coba untuk melihat validitas dan reliabilitas angket didapatkan 48 butir valid dan 2 butir tidak valid. Hasil penelitian yang didapatkan persepsi guru tentang pelayanan tenaga administrasi sekolah. 1) dilihat dari aspek  keandalan (reliability) kategori baik dengan skor rata-rata 4,2. 2) dilihat dari aspek ketanggapan (responsiveness) kategori baik dengan capaian skor rata-rata 4,3, 3) dilihat dari aspek bukti fisik (tangibility) kategori baik dengan capaian skor rata-rata 4,4. Untuk itu, sebaiknya pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMK se Kecamatan Padang Timur lebih optimal dalam mendukung kegiatan belajar mengajar, terutama dalam membantu guru, tidak hanya mendukung kelancaran proses administrasi, tetapi juga berkontribusi langsung pada kualitas pendidikan di sekolah.

References

Aiman Faiz, Nugraha Permana Putra, F. N. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and Development, 10(3).
Ashari, P. C., Hadiyanto, H., Nelitawati, N., & Ermita, E. (2021). Persepsi Siswa Tentang Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah di SMKN 1 Enam Lingkung. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 88–92.
Audah, Z. (2020). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah Martapura. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 159.
Febriani, R. (2014). Persepsi Guru Terhadap Pelayanan Administratif. Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan, 2, 608 ‐ 831.
Hadiyanto. (2016). Teori Dan Pengembangan Ikllm Kelas & Ikllm Sekolah. Jakarta: Kencana.
Hanafi, M. (2019). Peranan Administrasi Kepegawaian Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(1), 51–59.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003. (n.d.).
Mayasari, E. (2023). Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi (Analisis Soal, Indek Kesukaran, Daya Beda dan Fungsi Distraktor). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 56–66.
Rahmadanti, A. (2015). Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Prima Di Sma Negeri 2 Painan. Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan, 3, 2–7.
Sinambela, L. . (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarhid. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. 5(2), 141–155.
Tiffani, N. M., Gistituati, N., & Santoso, Y. (2021). Persepsi Murid Terhadap Layanan Tenaga Administrasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Teknik Negeri Se-Kota Padang. Journal Educational Administration and Leadership (JEAL), 2, 100–105.
Wila, F., Hadiyanto, Rifma, & Susanti, L. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Pegawai Tata Usaha di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 83–87
Published
2024-10-07
How to Cite
Amanda, A., & Hadiyanto. (2024). Persepsi Guru Tentang Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah di SMK se-Kecamatan Padang Timur. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 3(1), 21-25. https://doi.org/10.24036/deduksi.v3i1.103