Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Guru dan Siswa dimasa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Padang

  • Intan Rahmayuni Syafitri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Sabandi Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nurhizrah Gistituati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Efektivitas, New Normal, Pandemi Covid-19, Komunikasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, bermaksud memperoleh informasi mengenai efektivitas komunikasi pembelajaran guru dan siswa dimasa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Padang. Tujuan penelitian untuk memperoleh informasi dan data perihal efektivitas komunikasi pembelajaran guru dan siswa semenjak masa Pandemi Covid-19. Populasinya yaitu seluruh guru yang berjumlah 102 orang, dan siswa kelas XI OTKP yang berjumlah 107 orang. Penarikan sampel dilakukan menggunakan proportionate stratified random sampling, diperoleh 50 guru dan 52 siswa sebagai sampel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang telah terkumpul dan disajikan dalam bentuk tabel dan histogram Hasil menunjukkan 1) efektivitas komunikasi pembelajaran ketika pada masa pandemi kategorinya sangat tidak efektif dengan capaian  51,28%; 2) efektivitas komunikasi pembelajaran ketika masa New Normal dengan kriteria kurang efektif untuk capaian 72,61%. Dapat disimpulkan bahwa komunikasi pembelajaran selama masa Pandemi sangat tidak efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran saat masa New Normal.

References

DeVito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Karisma Publishing.
Dirman dan Juarsih, C. (2014). Komunikasi Dengan Peserta Didik Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiantara, S. &. (2013). Komunikasi Bisnis (Peran Komunikasi Interpersonal dalam Aktivitas Bisnis). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Framesti Regita, N. S. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Iklim Organisasi di SMK Negeri 4 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1 (2) , 17.
Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kemendikbud. (2020). SURAT EDARAN NOMOR 3 TENTANG PENCEGAHAN CORONA y/RUS D/SEASE (COVID-L9) PADA SATUAN PENDIDIKAN Yth. Indonesia.
Mulyana. (2005). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono. (2004). Teknologi Beton. Yogyakarta: Andi Offset.
Nellitawati dan Yurmanita, Y. (2019). Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kepuasan Kerja Pegawai di Dinas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5 (1) , 36.
Nursalam. (2001). Dalam Manajemen Keperawatan. Aplikasi dalam Praktik Keperawatan. Profesional, edisi 1 . Jakarta: Salemba Medika.
Purwanto, D. (2003). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Purwo, S. (2017). Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Kreatif – Produktif di Sekolah Dasar . Dewantara, 3 (1) .
Rifma, Z. Z. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Padang Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9 (2) .
Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusdinal, R. H. (2021). Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 06 Balai-Balai pada MasaCovid-19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10 (1) .
Sanjaya, W. (2014). Dalam Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santoso Yulianto, W. F. (2020). Profil Budaya Kerja Pegawai Balai Diklat Keagamaan Padang (The Profile of Work Culture in Balai Diklat Keagamaan Padang). Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9 (2) .
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutikno, M. S. (2006). Dalam Belajar dan Pembelajaran Efektif. Bandung: Prospect.
Vindi Agustiandra, V. & Sabandi, A. (2019). Persepsi Guru terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang. Bahana Manajemen Pendidikan, 8 (1) , 2.
Wursanto. (2005). Dalam Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta.
Published
2023-02-27
How to Cite
Rahmayuni Syafitri, I., Sabandi, A., Gistituati, N., & Santoso, Y. (2023). Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Guru dan Siswa dimasa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Padang. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 1(4), 21-28. Retrieved from https://deduksi.ppj.unp.ac.id/index.php/deduksi/article/view/10