Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Guru dan Siswa dimasa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Padang
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, bermaksud memperoleh informasi mengenai efektivitas komunikasi pembelajaran guru dan siswa dimasa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Padang. Tujuan penelitian untuk memperoleh informasi dan data perihal efektivitas komunikasi pembelajaran guru dan siswa semenjak masa Pandemi Covid-19. Populasinya yaitu seluruh guru yang berjumlah 102 orang, dan siswa kelas XI OTKP yang berjumlah 107 orang. Penarikan sampel dilakukan menggunakan proportionate stratified random sampling, diperoleh 50 guru dan 52 siswa sebagai sampel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang telah terkumpul dan disajikan dalam bentuk tabel dan histogram Hasil menunjukkan 1) efektivitas komunikasi pembelajaran ketika pada masa pandemi kategorinya sangat tidak efektif dengan capaian 51,28%; 2) efektivitas komunikasi pembelajaran ketika masa New Normal dengan kriteria kurang efektif untuk capaian 72,61%. Dapat disimpulkan bahwa komunikasi pembelajaran selama masa Pandemi sangat tidak efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran saat masa New Normal.
References
Dirman dan Juarsih, C. (2014). Komunikasi Dengan Peserta Didik Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiantara, S. &. (2013). Komunikasi Bisnis (Peran Komunikasi Interpersonal dalam Aktivitas Bisnis). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Framesti Regita, N. S. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Iklim Organisasi di SMK Negeri 4 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1 (2) , 17.
Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kemendikbud. (2020). SURAT EDARAN NOMOR 3 TENTANG PENCEGAHAN CORONA y/RUS D/SEASE (COVID-L9) PADA SATUAN PENDIDIKAN Yth. Indonesia.
Mulyana. (2005). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono. (2004). Teknologi Beton. Yogyakarta: Andi Offset.
Nellitawati dan Yurmanita, Y. (2019). Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kepuasan Kerja Pegawai di Dinas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5 (1) , 36.
Nursalam. (2001). Dalam Manajemen Keperawatan. Aplikasi dalam Praktik Keperawatan. Profesional, edisi 1 . Jakarta: Salemba Medika.
Purwanto, D. (2003). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Purwo, S. (2017). Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Kreatif – Produktif di Sekolah Dasar . Dewantara, 3 (1) .
Rifma, Z. Z. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Padang Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9 (2) .
Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusdinal, R. H. (2021). Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 06 Balai-Balai pada MasaCovid-19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10 (1) .
Sanjaya, W. (2014). Dalam Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santoso Yulianto, W. F. (2020). Profil Budaya Kerja Pegawai Balai Diklat Keagamaan Padang (The Profile of Work Culture in Balai Diklat Keagamaan Padang). Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9 (2) .
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutikno, M. S. (2006). Dalam Belajar dan Pembelajaran Efektif. Bandung: Prospect.
Vindi Agustiandra, V. & Sabandi, A. (2019). Persepsi Guru terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang. Bahana Manajemen Pendidikan, 8 (1) , 2.
Wursanto. (2005). Dalam Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta.
Copyright (c) 2022 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.