Kendala dalam Pengelolaan Arsip di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Bukittinggi
Abstract
Pengelolaan arsip yang masih kurang optimal dapat menjadi penghambat tercapainya pengelolaan arsip yang baik, ini disebabkan karena adanya kendala pada pengelolaan arsip. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan tentang kendala- kendala dalam pengelolaan arsip di SMK Kota Bukittinggi, dilihat dari berbagai aspek, 1) sistem Penyimpanan yang digunakan, 2) fasilitas arsip yang digunakan, 3) serta kompetensi petugas dalam pengelolaan arsip. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah seberapa besar 1) sistem penyimpanan, 2) fasilitas arsip, 3) dan kompetensi petugas menjadi kendala dalam pengelolaan arsip di SMK Kota Bukittinggi. Populasi penelitian ini yaitu semua pegawai Tata Usaha (TU) di SMK Kota Bukittinggi (SMK Negeri 1 Bukittinggi, SMK Swasta Pembangunan, SMK Negeri 2 Bukittinggi, SMK Swasta Pembina Bangsa, SMK Swasta Muhammadiyah, SMK Swasta Gajah Tongga, dan SMK Swasta Paramitha), sebanyak 44 orang. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu menggunakan semua populasi sebagai sampel, yaitu sebanyak 44 orang. Instrumen penelitiannya menggunakan angket, dengan model Skala Likert, dengan lima pilihan jawaban yaitu selalu (SL), sering (SR), kadang- kadang (KD), dan tidak pernah (TP) yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan SPSS 26. Setelah penelitian yang dilakukan memperlihatkan, (1) sistem penyimpanan menjadi kendala dalam pengelolaan arsip sebesar 72,11%, dengan kategori kendala sedang, (2) fasilitas arsip menjadi kendala sebesar 75,95% dengan kategori kendala sedang, dan (3) kompetensi petugas menjadi kendala sebesar 69,93% dengan kategori kendala besar
References
Iskandar, D. P. (2015). Persepsi Pegawai Terhadap Pengelolaan Arsip Di Kantor Kejaksaan Negeri bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 3(1), 247–759. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/5194/4083
Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4
Maulana. (1996). Administrasi Kearsipan. Jakarta: Bhrata Niaga Media.
Priansa, D. J., & Agus Garnida. (2013). Manajemen Perkantoran, Efektif, Efesien, dan Profesional. Alfabeta.
Putri, D. (2018). Pengelolaan Arsip Di Kantor Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 7(1), 43–53. https://doi.org/10.24036/bmp.v7i1.5962
R, S. E., Mulyani, S., & Suyetty. (2018). Kearsipan. Jakarta: Erlangga.
Sanora, N. A. (2016). Pengelolaan Arsip Pada Bagian Tata Usaha Biro Umum Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur. EJournal Administrasi Negara, 4(2), 4042 – 4056. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28348
Sholikah, M., & Oktarina, N. (2018). Pelaksanaan Pengelolaan Kearsipan untuk Menunjang Akuntabilitas Sekolah. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1178–1192. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28348
Sinambela. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiarto, A., & Wahyono, T. (2015). Manajemen Kearsipan Modern dari Konvensional ke Basis Komputer (X (ed.); y). Gava Media.
Undang- Undang Nomor 43 Tahun 2009 Bab 1 Ketentuan Umum Pasal 1 tentang Kearsipan, (2009).
Wayuni, S., Sari, O., & Sabandi, A. (2021). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri 2 Bayang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(4), 120–123. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jeal.v1i3
Widjaja. (1993). Administrasi Kearsipan. Palembang: Raja Grafindo Persada.
Wijaya, R. A., Wiyono, B. B., & Bafada, I. (2018). Pengelolaan Kearsipan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 231–237. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p231
Yarni, L. A. (2014). Peningkatan Pengelolaan Arsip pada SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 370–831. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3776
Copyright (c) 2022 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.