Persepsi Guru tentang Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Pada Era New Normal di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi terkait tanggapan guru terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah pada era new normal di SMKN 1 Sintoga. Jenis penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi guru SMKN 1 Sintoga adalah 107 orang, sehingga jumlah sampelnya adalah 52 responden. Pengumpulan data dijalankan dengan memakai kuesioner yang sudah diuji validitas serta realitasnya. Rumus rata-rata digunakan untuk mengolah data penelitian. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak.Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisa data penelitian ini adalah secara kuantitatif yang diolah dan dianalisis sesuai dengan tujuan dan pertanyaan/pernyataan penelitian. Data yang sudah dikumpulkan lalu diolah serta dianalisis menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: Verifikasi data angket yang sudah dikembalikan dan di cek kebenaran serta kelengkapannya, jika ada yang kurang lengkap diupayakan untuk melengkapinya.,Melakukan tabulasi data dan memberi skor jawaban responden. Pemberian skor pada setiap butir dengan rincian sebagai berikut: sangat mampu diberi skor 5, mampu diberi skor 4, cukup mampu diberi skor 3, kurang mampu diberi skor 2, dan tidak mampu diberi skor 1. Mendeskripsikan data yang telah diolah ke dalam tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan guru tentang kompetensi manajerial kepala sekolah pada era new normal berada dalam kategori mampu dengan nilai 4,70
References
Anesti, A., Anisah, A., & Kusman, Y. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Memotivasi Guru di SMPN Kecamatan Air Hangat Barat Kabupaten Kerinci. Journal Of Educational Administration And Leadership, 1(1), 07-12.
Fuadi, A. (2020). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di SMP Negeri se Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 24-32.
Hadiyanto, H., Komariah, A., Kusumastuti, G., Priatna, A., & Khuluqo, I. E. (2020). The Development of Classroom Climate Study in Indonesia ( A Historical Perspective ). International Research Association for Talent Development and Excellence, 12(1), 406–414.
Hadiyanto. (2019). Manajemen Berbasis Sekolah Teori, Riset, dan Implementasinya di Sekolah. Malang. CV IRDH.
Kurniawan, D. (2020). Persepsi Guru Tentang Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Di SMAN 14 Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 3(1), 715-725.
Makawimbang, J. H. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Yang Bermutu. Bandung. Alfabeta.
Muhaimin. (2003). Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Nurdin, D. (2017). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Membangun Iklim Sekolah dan Kepuasaan Guru di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 24(1), 45-56.
Putri, D. Y. (2014). Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Painan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 148–157.
Rahayu, P. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan. Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 550–557. 2014.
Rosalina, R. (2020). Persepsi Guru Tentang Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. 1(1).
Sari, D. N. (2014). Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala SMK Se-Kecamatan Lubuk Alung. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 123–128.
Silalahi, U. (2002). Studi tentang Ilmu Administrasi : Konsep, Teori, dan Dimensi. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Sobri, D. (2009). Pengelolaan pendidikan. Yogyakarta. Multi Pressindo.
Umaedi, Hadiyanto, & S. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah. Universitas Terbuka.
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.