Persepsi guru terhadap pengelolaan kurikulum merdeka di SMK negeri se-kota padang
Abstract
Tujuan penelitian membahas tentang persepsi guru terhadap pengelolaan kurikulum merdeka di SMK Negeri se-Kota Padang yang ditinjau dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 432 guru di SMK Negeri se-Kota Padang. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Adapun pengumpulan datanya menggunakan angket skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dengan hasil uji coba validitas didapatkan 52 butir valid dan 2 butir tidak valid serta hasil uji coba reliabilitas r Hitung = 0,980 dengan r tabel dengan taraf signifikan 5% dengan N = 20 adalah 0,444. Jadi r Hitung > r tabel untuk Persepsi Guru terhadap Pengelolaan Kurikulum Merdeka yaitu (0,980 > 0,444) penelitian reliabel. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus mean (rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan Persepsi Guru terhadap Pengelolaan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri se-Kota Padang dilihat dari aspek perencanaan baik, dari aspek pengorganisasian baik, aspek pelaksanaan baik, dan aspek evaluasi baik. Sehingga secara keseluruhan hasil pengelolaan data mengenai persepsi guru terhadap pengelolaan kurikulum merdeka di SMK Negeri se-Kota Padang adalah 4,16 dikategorikan baik.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Bandung: Rineka Cipta, 4(September), 129–130. https://doi.org/10.4135/9781483331096.n323
Chairunnisa, I. C., Rusdinal, R., Ermita, E., & Kadri, H. Al. (2021). Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi di SMK se-Kota Padang Panjang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 116–119. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.135
Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619
Hakim, M. N., & Abidin, A. A. (2024). Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Vokasi dan Pengembangan Guru. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 68–
82. https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.47
Hidayat, E., Pardosi, A., & Zulkarnaen, I. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(1), 9–18. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2339
Kemendikbudristek. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.
Kemendibudristek, 1–16. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan- Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf
Macalister, J., & Nation, I. S. P. (2019). Language Curriculum Design. In Language Curriculum Design. https://doi.org/10.4324/9780429203763
Nasbi, I. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274
Nugroho, A. S., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggungjawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825
Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Dan Kesiapan Kepala Sekolah Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.537
Partikasari, R., Haryono, M., Imran, R. F., Pebriani, E., & Oktasari, S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Dan Penguatan P5 Bagi Guru Di Korwil I Bengkulu Utara. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3542
Putri, V. Y., Santoso, Y., Gistituati, N., & Tia Ayu Ningrum. (2023). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru di SMKN se-Kota Pariaman. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(3), 264–267. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i3.183
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.