Persepsi guru terhadap pengelolaan kurikulum merdeka di SMK negeri se-kota padang

  • Mayang Syofhi mahasiswa
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Keywords: Pengelolaan, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian membahas tentang persepsi guru terhadap pengelolaan kurikulum merdeka di SMK Negeri se-Kota Padang yang ditinjau dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 432 guru di SMK Negeri se-Kota Padang. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Adapun pengumpulan datanya menggunakan angket skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dengan hasil uji coba validitas didapatkan 52 butir valid dan 2 butir tidak valid serta hasil uji coba reliabilitas r Hitung = 0,980 dengan r tabel dengan taraf signifikan 5% dengan N = 20 adalah 0,444. Jadi r Hitung > r tabel untuk Persepsi Guru terhadap Pengelolaan Kurikulum Merdeka yaitu (0,980 > 0,444) penelitian reliabel. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus mean (rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan Persepsi Guru terhadap Pengelolaan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri se-Kota Padang dilihat dari aspek perencanaan baik, dari aspek pengorganisasian baik, aspek pelaksanaan baik, dan aspek evaluasi baik. Sehingga secara keseluruhan hasil pengelolaan data mengenai persepsi guru terhadap pengelolaan kurikulum merdeka di SMK Negeri se-Kota Padang adalah 4,16 dikategorikan baik.

References

Afiyanti, Y. (2008). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62. https://doi.org/10.7454/jki.v12i1.201
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Bandung: Rineka Cipta, 4(September), 129–130. https://doi.org/10.4135/9781483331096.n323
Chairunnisa, I. C., Rusdinal, R., Ermita, E., & Kadri, H. Al. (2021). Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi di SMK se-Kota Padang Panjang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 116–119. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.135
Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619
Hakim, M. N., & Abidin, A. A. (2024). Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Vokasi dan Pengembangan Guru. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 68–
82. https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.47
Hidayat, E., Pardosi, A., & Zulkarnaen, I. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(1), 9–18. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2339
Kemendikbudristek. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.
Kemendibudristek, 1–16. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan- Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf
Macalister, J., & Nation, I. S. P. (2019). Language Curriculum Design. In Language Curriculum Design. https://doi.org/10.4324/9780429203763
Nasbi, I. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274
Nugroho, A. S., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggungjawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825
Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Dan Kesiapan Kepala Sekolah Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.537
Partikasari, R., Haryono, M., Imran, R. F., Pebriani, E., & Oktasari, S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Dan Penguatan P5 Bagi Guru Di Korwil I Bengkulu Utara. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3542
Putri, V. Y., Santoso, Y., Gistituati, N., & Tia Ayu Ningrum. (2023). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru di SMKN se-Kota Pariaman. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(3), 264–267. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i3.183
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-10-09
How to Cite
Syofhi, M., & Yulianto Santoso. (2024). Persepsi guru terhadap pengelolaan kurikulum merdeka di SMK negeri se-kota padang. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 3(1), 26-30. https://doi.org/10.24036/deduksi.v3i1.89