Persepsi Guru Tentang Pengelolaan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

  • Dara Melani Yayu Universitas Negeri Padang
  • Yulianto Santoso Universitas Negeri Padang
  • Nelitawati Universitas Negeri Padang
  • Lusi Susanti Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengelolaan, Ekstrakurikuler Pramuka

Abstract

Pengelolaan ekstrakurikuler pramuka dapat berjalan dengan efektif dan efisien, dengan menerapkan fungsi-fungsi menerapkan fungsi -fungsi manajemen, seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengam mengunakan pendekatan kualitatif dengan populasi sebanyak 42 guru di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penarikan sampel menggunakan Teknik total sampling. Instrument yang digunakan adalah angket/ kuesioner dengan model skala likert, yang telah di uji coba untuk melihat validitas dan reliabilitas angket didapatkan 37 butir  valid dan 3 butir tidak valid. Hasil penelitian yang didapatkan persepsi guru tentang pengelolaan ekstrakurikuler pramuka. 1) dilihat perencana kategori baik dengan skor rata-rata 4,3. 2) dilihat dari aspek pengorganisasian kategori baik dengan capaian skor rata-rata 4,3, 3) dilihat dari aspek pelaksanaan kategori baik dengan capaian skor rata-rata 4,2, 4) dilihat dari aspek pengawasan kategori baik dengan capaian skor rata-rata 4,4.   

References

Apriiliiyandarii, Riisca, & Alii Iimron. (2014). Peingeilolaan Eikstrakuriikuleir Jurnaliistiik Untuk meiniingkatkan Keiteirampiilan Meinuliis Siiswa. Manajeimein Peindiidiikan, 24(4).
Ariianii, D. (2015). Manajeimein eikstrakuriikuleir pramuka. Jurnal Iilmiiah Manajeimein Peindiidiikan Program Pascasarjana, 9(1).
Ariikunto, S. (2010). Proseidur Peineiliitiian Suatu Peindeikatan Praktiik. Riineika Ciipta.
Daeing Wiibiisono, R., & Siiswanto, R. (2022). Manajeimein Keisiiswaan Dalam Meiniingkatkan Preistasii Peiseirta Diidiik Meilaluii Eikstrakuriikuleir. Journal Of Eiducatiion Reiseiarch P, 2(1), 2808–5558.
Damayantii, W. R., & Dwiikurnaniingsiih, Y. (2020). Eivaluasii Program Eikstrakuriikuleir Dii Sdn Candiireijo Kabupatein Seimarang. Reifleiksii Eidukatiika : Jurnal Iilmiiah Keipeindiidiikan, 11(1), 59–69.
Khabiibah, S. (2023). Iimpleimeintasii Fungsii Manajeimein dalam Program Eikstrakuriikuleir dii Madrasah Iibtiidaiiyah Peirsantrein Anak Sholeih Baiitul Quran. Jourmal Of Eiducatiion & Manageimeint, 3(1).
Peiraturan Peireidiikbud No 63 Tahun 2014.
Suaryanii, & Heindryadii. (2015). Meitodei Riiseit Kuantiitatiif Teiorii dan Apliikasii pada Peineiliitiian Biidang Manajeimein dan Eikonomii Iislam. Preinadameidiia Group.
Sugiiyono. (2009). Meitodei Peineiliitiian Kuantiitatiif, Kualiitatiif dan R&D. Alfabeita Cv.
Tamara, A., Sabandii, A., Kadrii, H. Al, & Santoso, Y. (2021). Peirseipsii Siiswa Teirhadap Keigiiatan Eikstrakuriikuleir Pramuka pada Seikolah Meineingah Keijuruan ( SMK ) dii Keicamatan Padang Tiimur. 2(6).
Yolanda, L., Adii, N., Haniif, A. K., & Aniisah. (2021). Peirseipsii Siiswa Keilas XIi Teirhadap Peingeilolaan Keigiiatan Eikstrakuriikuleir Keipramukaan Dii SMK Neigeirii. Journal Of Eiducatiional Admiiniistratiion And Leiadeirshiip, 2(2)
Zaiin Sarnoto, A. (2013). Urgeinsii Peiniingkatan Mutu Peingeilolaan Peisantrein Dalam Eira Global. Eiducarei, 04(01).
Published
2024-05-16
How to Cite
Melani Yayu, D., Santoso, Y., Nelitawati, & Susanti, L. (2024). Persepsi Guru Tentang Pengelolaan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 3(1), 5-8. https://doi.org/10.24036/deduksi.v3i1.82