Persepsi Guru Tentang Pengelolaan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Pembangunan Laboratorium UNP
Abstract
Pengelolaan ekstrakurikuler pramuka dapat berjalan dengan efektif dan efisien, dengan menerapkan fungsi-fungsi menerapkan fungsi -fungsi manajemen, seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengam mengunakan pendekatan kualitatif dengan populasi sebanyak 42 guru di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penarikan sampel menggunakan Teknik total sampling. Instrument yang digunakan adalah angket/ kuesioner dengan model skala likert, yang telah di uji coba untuk melihat validitas dan reliabilitas angket didapatkan 37 butir valid dan 3 butir tidak valid. Hasil penelitian yang didapatkan persepsi guru tentang pengelolaan ekstrakurikuler pramuka. 1) dilihat perencana kategori baik dengan skor rata-rata 4,3. 2) dilihat dari aspek pengorganisasian kategori baik dengan capaian skor rata-rata 4,3, 3) dilihat dari aspek pelaksanaan kategori baik dengan capaian skor rata-rata 4,2, 4) dilihat dari aspek pengawasan kategori baik dengan capaian skor rata-rata 4,4.
References
Ariianii, D. (2015). Manajeimein eikstrakuriikuleir pramuka. Jurnal Iilmiiah Manajeimein Peindiidiikan Program Pascasarjana, 9(1).
Ariikunto, S. (2010). Proseidur Peineiliitiian Suatu Peindeikatan Praktiik. Riineika Ciipta.
Daeing Wiibiisono, R., & Siiswanto, R. (2022). Manajeimein Keisiiswaan Dalam Meiniingkatkan Preistasii Peiseirta Diidiik Meilaluii Eikstrakuriikuleir. Journal Of Eiducatiion Reiseiarch P, 2(1), 2808–5558.
Damayantii, W. R., & Dwiikurnaniingsiih, Y. (2020). Eivaluasii Program Eikstrakuriikuleir Dii Sdn Candiireijo Kabupatein Seimarang. Reifleiksii Eidukatiika : Jurnal Iilmiiah Keipeindiidiikan, 11(1), 59–69.
Khabiibah, S. (2023). Iimpleimeintasii Fungsii Manajeimein dalam Program Eikstrakuriikuleir dii Madrasah Iibtiidaiiyah Peirsantrein Anak Sholeih Baiitul Quran. Jourmal Of Eiducatiion & Manageimeint, 3(1).
Peiraturan Peireidiikbud No 63 Tahun 2014.
Suaryanii, & Heindryadii. (2015). Meitodei Riiseit Kuantiitatiif Teiorii dan Apliikasii pada Peineiliitiian Biidang Manajeimein dan Eikonomii Iislam. Preinadameidiia Group.
Sugiiyono. (2009). Meitodei Peineiliitiian Kuantiitatiif, Kualiitatiif dan R&D. Alfabeita Cv.
Tamara, A., Sabandii, A., Kadrii, H. Al, & Santoso, Y. (2021). Peirseipsii Siiswa Teirhadap Keigiiatan Eikstrakuriikuleir Pramuka pada Seikolah Meineingah Keijuruan ( SMK ) dii Keicamatan Padang Tiimur. 2(6).
Yolanda, L., Adii, N., Haniif, A. K., & Aniisah. (2021). Peirseipsii Siiswa Keilas XIi Teirhadap Peingeilolaan Keigiiatan Eikstrakuriikuleir Keipramukaan Dii SMK Neigeirii. Journal Of Eiducatiional Admiiniistratiion And Leiadeirshiip, 2(2)
Zaiin Sarnoto, A. (2013). Urgeinsii Peiniingkatan Mutu Peingeilolaan Peisantrein Dalam Eira Global. Eiducarei, 04(01).
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.