Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiah Negeri 12 Pesisir Selatan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiah Negeri 12 Pesisir Selatan yang di lihat dari faktor internal yaitu minat, bakat, motivasi, kondisi fisik, faktor eksternal yaitu (sarana prasarana, guru/pelatih, keluarga, dan lingkungan). Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi sebanyak 359 orang peserta didik di MTsN 12 Pesisir Selatan. Dalam penelitian ini sampelnya 38 orang yang diambil menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner dengan model skala Likert yang telah diujicobakan untuk melihat validitas dan reliabilitas angket. Didapatkan 32 item valid 6 item invalid. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa faktor internal berpengaruh terhadap kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiah Negeri 12 Pesisir Selatan dengan rata-rata persentase 62,30% selalu dan 17,53% sering dipengaruhi oleh minat, bakat, motivasi, kondisi fisik/jasmani. Bakat adalah faktor internal yang mendominasi mempengaruhi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Sementara rata-rata persentase faktor eksternal 57,35% selalu dan 15,08% sering dipengaruhi oleh sarana prasarana, guru/pelatih, keluarga, lingkungan. Guru/pelatih adalah faktor yang mendominasi mempengaruhi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
References
Lestari, R. Y. (2016). Peran kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan watak kewarganegaraan peserta didik. Untirta Civic Education Journal,1(2), 136–152.
Lufri. (20107). Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. UNP Press.
Maulina, Vani, S. A. and S. (2020). Kontribusi Penempatan terhadap Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota. JEAL : Journal of Educational Administration and Leadership, 1, 24–30. https://doi.org/10.24036/
Ngazis, R. (2017). Peran keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di mi prigi ii watulimo trenggalek tahun ajaran. Skripsi.
Pradipta, A. surya. (2015). No Title Faktor-faktor yang memotivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di SMAN 2 Klaten. Skripsi.
Rizqina, A. L. (2020). Manajemen Ekstrakurikuler Pada Peserta Didik Di Paud It Alhamdulillah Yogyakarta. Ejournal, Cakrawala Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 120–122.
Sabilah, N. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.
Syamsiyah, S. (2017). Pengaruh motivasi, organisasi kemahasiswaan, dan pengembangan minat bakat terhadap prestasi mahasiswa fakultas ekonomi di universitas adi buana surabaya. Jurnal Fakultas Ekonomi Di Universitas Adi Buana Surabaya. 1411, 159–172.
Tim Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Indonesia. (2012). Manajemen Pendidikan. Alfabeta.
Viningsih, S. R. (2020). Pelaksanaan program pengembangan diri siswa di sekolah menengah atas negeri 1 Timpeh Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1(1).
Yunis, S. (2018). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29–37.
Copyright (c) 2022 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.