Kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan sarana dan prasarana di sekolah lanjutan tingkat atas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data dari kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah untuk urusan sarana dan prasarana di SLTA se-Kabupaten Tanah Datar dari segi kemampuan teknologi, kreatifitas, kolaborasi, komunikasi dan keamanan. Penelitian ini dianalisis dengan SPSS Statistic 25 menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi tenaga administrasi sekolah pada penelitian ini adalah 174 pegawai tenaga administrasi, Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Teknik proposional random sampling sehingga jumlah sampel yang didapat sebanyak 64 tenaga administrasi. Instrument penelitian menggunakan angket model skala semantic diferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah di SLTA se-Kabupaten Tanah Datar berada pada kategori mampu dengan mendapatkan skor rata-rata 4,23 dengan Tingkat capaian responden sebesar 80,33%.
References
Kurnia, N. (2020). BAB 1 Kolaborasi Sebagai Kunci: Membumikan Kompetensi Literasi Digital Japelidi. March.
Laventus, B. (2015). Persepsi Guru Terhadap Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Di SMP Negeri Kecamatan Lubuklinggau Timur Kota Lubuklinggau. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 921–1265.
Oemar, H. (2010). Proses Belajar Mengajar (cetakan ke). Bumi Aksara.
Rauliana, L. (2014). Penggunaan Aplikasi Komunikasi Dalam Pemantauan Dan Pengendalian Proses Pendidikan: Strategi untuk mempercepat dan memperluas aliran informasi di sekolah. Bandung: PT Citra Lamora Publishing.
Rianti, S., Mappincara, A., & Wahed, A. (2022). Peran Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Layanan Administrasi di SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 173. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i3.31520
Safri, D. (2020). Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis Dalam Pengembangan Sarana Dan Prasarana Sekolah: Solusi untuk desain efektif dan fungsional. Yogyakarta: PT Balai Pustaka.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model of Strengthening Digital Literacy Through Utilization of E-Learning. Journal of ASPIKOM, 3(6), 1200.
Sulianta, F. (2020). Literasi Digital, Riset, Perkembangannya & Perspektif Social Studies. Feri Sulianta.
Tiffani, N. M., Jasrial, J., Gistituati, N., & Santoso, Y. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Layanan Tenaga Administrasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Negeri Se-Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 100–105. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.126
Triana, D. T., Rusdinal, R., Jasrial, J., & Susanti, L. (2021). Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Persuratan dan Pengarsipan Berbasisi Teknologi Informasi di SMK se-Kota Payakumbuh. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 189–196. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.155
Wahono, D. (2020). Penggunaan Platform Video Conference Oleh Pegawai Sekolah: Kesalahan, Ketidakpastian, Dan Solusi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.