Pengelolaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman sekolah terutama guru terkait pengelolaan
kurikulum merdeka yang terlihat dari beberapa fenomena yang muncul diantaranya: sekolah kurang memahami tentang pengelolaan kurikulum merdeka sesuai dengan peraturan yang diedarkan oleh kemendikbudristek. Selain itu, beberapa guru menyatakan belum memahami tentang pengelolaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka. Adapun fenomena lainnya, guru sulit menyesuaikan perubahan kurikulum dengan kurikulum yang ada saat ini dan belum menguasai materi yang diselaraskan dengan alur tujuan pembelajaran. selain itu, masih ada pendidik yang mengeluh dalam membuat modul pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka, pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka, dan evaluasi pembelajaran dengan kurikulum merdeka dalam pengelolaan kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Kota Solok.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik snowball sampling dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan akurat. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Waka Kurikulum dan guru.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian terkait pengelolaan kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Kota Solok diantaranya: 1) perencanaan kurikulum merdeka dilakukan oleh semua unsur di sekolah yang dengan mengikuti pedoman KOSP, 2) pelaksanaan kurikulum merdeka dilakukan melalui penyusunan RPP dan P5, 3) Evaluasi kurikulum merdeka terdiri dari asesmen formatif dan sumatif serta pameran P5. Adapun saran terkait penelitian ini adalah diharapkan guru mampu membuat modul pembelajaran sesuai dengan pedoman kurikulum merdeka yang ditetapkan oleh kemendikbudristek. Selain itu, guru juga dapat melaksanakan pembelajaran P5 sesuai dengan subtemanya. Bagi Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah memberikan pelatihan workshop kepada guru untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun modul dan melakukan pengelolaan P5 pada masing-masing subtema di dalam pembelajaran. Selain itu, Kepala Sekolah juga membentuk Koordinator P5 yang bertugas dalam menyusun program dan jadwal pelaksanaan P5 pada setiap fase. Selain itu, peran Dinas Pendidikan untuk selalu mengawasi, mendorong, melakukan sosialisasi dan pelatihan sekolah dalam menyelenggarakan kurikulum merdeka melalui kegiatan webinar dan PMM (Platform Merdeka Mengajar) bagi guru untuk belajar secara mandiri.
References
Balaram Naik, P Karunakar,1 M Jayadev, 1 and V Rahul Marshal2. (2013). Penerapan Manajemen Kurikulum. J Conserv Dent. 2013, 16(4), 2013. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23956527/
Dawson, C. L., Hennessey, M. N., & Higley, K. (2016). Student Perceptions of Justification in Two Disparate Domains: Education and Biology. International Journal of Higher Education, 5(3), 95–101. https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3p1
Desa, M., & Desa, A. (2023). Prodi Adminstrasi Pertahanan , Akademi Militer Magelang 2 Prodi Teknik Mesin Pertahanan , Akademi Militer Magelang Management Of Cadet ’ S Training Area In Jogomulyo Village
, Tempuran District , Magelang Regency To Support Defense Pendahuluan Aplikasi pe. 11(1), 19–29.
Dian, S. (2019). Makna Konotatif Dalam Teks Ulasan Cerpen Dalam Mata Kuliah Semantik Mahasiswa Bahasa Indonesia Semester Iii Universitas Muhammad Yamin Solok Tahun Pelajaran 2017/2018. Inovasi Pendidikan, 6(1), 6–22.
Fauzi, A., & dkk. (2022). Metodologi Penelitian. In Suparyanto dan Rosad (2015.
Hastasasi, W. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, April, 118.
Hidayati, I. F., & Prihatin, T. (2016). Pengelolaan Kurikulum Sekolah Alam di TK Alam Al Biruni Cirebon.
Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(1), 32–39.
Hidayati, W., Syaefudin, & Muslimah, U. (2021). Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan).
Ida Bagus Nyoman Mantra1), I Gde Putu Agus Pramerta2), A. A. P. A., & Kadek Rahayu Puspadewi4), I. A. M.
W. (2016). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Https://Medium.Com/, 3(5), 6313–6318. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935. Khusniyah, T. W., Permata, S. D., & Restiana, R. (2022). Pengembangan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri Paron 1. Educational and Learning of Elementary
School (ELES), 2(2), 1–10. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/609 Loka, W. P., Sumadja, W. A., & Resmi. (2017). Journal of Chemical Information and Modeling, 21(2),
1689–1699. https://www.oecd.org/dac/accountable-effective-institutions/Governance Notebook 2.6 Smoke.pdf
McTighe, J., Wiggins, G., Warso, A. W. D. D., Zahroh, S. H., Parno, Mufti, N., & Anggraena, Y. (2017).
Pembelajaran dan Penilain. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 123.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Muhammedi. (2016). Perubahan kurikulum di indonesia : studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal. Raudhah, IV(1), 49–70.
Novianti, D. E. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Apa dan Bagaimana? Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 71–72.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rinta, A. S., Febriana, D., & Wulandari, R. (2022). Name : Anggi Sirka perencanaan , mengetahui fungsi pemasaran itu sendiri , pemahaman konsep ,. 200.
Samad, A. (2018). Unsur Latar Belakang dalam Karya Sastra. INA-Rxiv. https://osf.io/preprints/inarxiv/54vft/ Saufi, A., & Hambali, H. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul. Al-Tanzim :
Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–54. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.497 Setiyoningsih, T. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Ipa Berbasis Lingkungan. Jurnal Manajemen Pendidikan,
12(1), 1–9.
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Silitonga, E. P., Purba, J., & Turnip, H. (2022). Paradigma dan Perencanaan Kurikulum. Pendidikan Sosial Dan Humanis, 2(3), 147–155.
Sulistianti, A. P. S. (2021). Pengelolaan Kurikulum Kelas Unggulan Di Mts N 2 Kota Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/10896/
Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796
Syafaruddin, A. M. (2017). Manajemen Kurikulum. Perdana Publishing, 1–208.
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya.
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581
Wibawa.,dkk. (2022). Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2),492-493.
Wulandari, R., Choirun’nisa, F. M., Aisy, N. R., & Riduan. (2022). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Anak Usia Disi di Kelompok Bermain Bunda Rosa Desa Langkan 1 Banyuasin III. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(1), 164–174.
Yuliani, R., & Afriansyah, H. (2019). Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran. Jurnal Artikel Padang, Tidak di terbitkan, 1–2.
Zulhijrah. (2015). 256976-Implementasi-Pendidikan-Karakter-Di-Seko-8E1D7D4a. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(1).
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.