Pengelolaan Program Gerakan Literasi Sekolah Menengah Kejurusan
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai pengelolaan program gerakan literasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri yang berada di Kecamatan Padang Timur, khususnya di sekolah-sekolah yang dikenal dengan sebutuan SMK N 2 Padang dan SMK N 6 Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah sebarapa baik persepsi guru tentang Gerakan Literasi Sekolah dilihat dari aspek (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan (4) pengawasan (5) evaluasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Deskriptif Kuantitatif, dengan fokus pada populasi 187 guru. Penelitian ini menggunakan total 68 guru partisipan sebagai sampel. Sampel dipilih dengan menggunakan Proportional Stratified Random Sampling, dan besarnya perkeliruan sampel yang diperkirakan 10%. Metode Cochran digunakan untuk menghitung ukuran sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner berskala Likert. Sebelum diimplementasikan, kuesioner telah melalui proses validasi dan uji reliabilitas dengan bantuan SPSS versi 25. Uji validitas menghasilkan data yang menunjukkan bahwa dari 40 pertanyaan, 38 pertanyaan dianggap valid dan 2 pertanyaan dianggap tidak valid sehingga tidak diikutsertakan kemudian hasil uji reliabilitas dengan N = 20 pada taraf kepercayaan 95% adalah 0,444. Maka didapatkan rhitung > rtabel (0,965>0,444). Hasil analisis data menunjukan bahwa Pengelolaan Program Gerakan Literasi Sekolah di SMK Negeri Kecamatan Padang Timur terbilang baik dengan perolehan tingkat capaian 3,98 dengan penjelasan sebagai berikut; (1) perencanaan pada kategori baik yaitu pada capaian 3,98 (2) pengorganisaan pada kategori baik yaitu pada capaian 4,01 (3) pelaksanaan pada kategori baik yaitu pada capaian 4,00 (4) pengawasan pada kategori baik yaitu pada capaian 3,96 (5) evaluasi pada kategori baik yaitu pada capaian 3,96.
References
Alrikunto, Suhalrsimi daln lial Yulialnal. (2016) Malnaljemen Pendidikaln. Yogyalkalrtal: Gralhal Cendekial
Alziz, Al (2018) Ralncalngaln Implementalsi Geralkaln Literalsi Sekolalh Melallui Perpustalkalaln Di Mim Gralndaltalpal Balnyumals. Jurnall Publis. 2(1)
Dalwal wilhelmus daln Sunalrto (2019) Pengelolalaln kepemimpinaln Kepallal Sekolalh dallalm mengimplementalsi Geralkaln Literalsi Sekolalh. Yogyalkalrtal: Universitals Salrjalnalwiyaltal Talmalnsiswal.
Fallaltehaln, Alun Fallalstien. (2011). Pengalntalr Ilmu Malnaljemen. Suralbalyal: Progralm Palscal Salrjalnal Buku Perkulihaln Progralm S-1 UIN Sunaln Almpel Suralbalyal
Galrbe., Dkk. (2016). Literalcy In Finlalnd. Country Report. Children Alnd Aldolescents. Elinet.
Hidalyalh, Lalyli. (2017). Implementalsi Budalyal Literalsi di Sekolalh Dalsalr Melallui Oplimallisalsi Perpustalkalaln: Studi Kalsus di Sekolalh Dalsalr Negeri di Suralbalyal. Jurnall Universitals Islalm Mallalng, 1(2), 45-58.
Kemendikbud. (2016). Desalin Induk Geralkaln Literalsi Sekolalh. Jalkalrtal: Direktorall Jendrall Pendidikaln Dalsalr daln Menengalh Kementerialn Pendidikaln daln Kebudalyalaln Republik Indonesial.
Malnullalng, M. (2015). Dalsalr-Dalsalr Malnaljemen. Yogyalkalrtal: Universitals Galjal Maldal Press
Muhalmmald, Faldhli. 2013. Malnaljemen Orgalnisalsi. Balndung: Ciptalpustalkal Medial Perintis.
Sallsalbilal, Halnifalh (2015). Fungsi-Fungsi Malnaljemen Perencalnalaln, Pengorgalnisalsialn, Pelalksalaln daln Evallualsi. Jalkalrtal: UIN Syalrif Hidalyaltullalh
Salrdalni, dll. (2021). Malnaljemen Progralm Geralkaln Literalsi Sekolalh Dallalm Menumbuhkaln Minalt Balcal Siswal SD di Gugus 1 Indralpuri Alceh Besalr. Universitals Syialh Kuallal. Jurnall Visipenal, (12)1, 17-29
Zulfial, Nalhalr Falhrinal. (2019). Malnaljemen Progralm Geralkaln Literalsi Sekolalh (GLS) di MAlN 02 Jepalral. Semalralng: UINW Press.
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.