Hubungan Iklim Sekolah dengan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan

  • Rahmania Fadillah Nia Universitas Negeri Padang
  • Nellitawati Universitas Negeri Padang
  • Jasrial Universitas Negeri Padang
  • Lusi Susanti Universitas Negeri Padang
Keywords: Iklim Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan mengenai hubungan iklim sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri 4 Padang yang menunjukkan bahwa iklim sekolah belum kondusif dan kinerja guru yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai (1) kinerja guru, (2) iklim sekolah, dan (3) hubungan iklim sekolah dengan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran di SMK Negeri 4 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru yang ada pada di SMK Negeri 4 Padang yang berjumlah 90 orang guru. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik proporsional stratified random sampling, sehingga sampel berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial. Data tersebut diolah menggunakan persamaan korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) kinerja guru di SMK Negeri 4 Padang berada pada kategori tinggi yaitu 4,2. 2) Iklim sekolah di SMK Negeri 4 Padang berada pada kategori kondusif yaitu 4,1. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri 4 Padang pada taraf signifikansi 5% dengan koefisien korelasi yaitu 0,655 dan uji keberartian korelasi 6,002. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru di SMK Negeri 4 Padang. 

Published
2024-01-25
How to Cite
Nia, R. F., Nellitawati, Jasrial, & Lusi Susanti. (2024). Hubungan Iklim Sekolah dengan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(4), 151-157. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i4.64