Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Padang Barat
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan melihat pentingnya pembinaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa. Fenomena penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan secara kurang efektif karena kegiatannya dilakukan pada hari sabtu. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pembinaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kecamatan Padang Barat . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kecamatan Padang Barat Kota Padang yang berjumlah 959 orang siswa. Jumlah sampel penelitian ini adalah 87 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian yaitu instrumen. Data analisis dapat menentukan rata-rata persentase setiap variable. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan ada beberapa kesimpulan yaitu (1) bimbingan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa SMK Negeri di Kecamatan Padang Barat dapat dikategorikan baik sebesar 4,50 (2) arahan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa SMK Negeri di Kecamatan Padang Barat dapat dikategorikan baik dengan skor rata-rata 4,30 (3) pelatihan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa SMK Negeri di Kecamatan Padang Barat dapat dikategorikan baik dengan skor rata-rata 4,30. Dapat disimpulkan bahwa pembinaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa SMK Negeri di Kecamatan Padang Barat sudah baik dari semua aspek yaitu membimbing, mengarahkan dan memberikan.
References
Alkadri, H., Susanti, L., & Jaya, I. (2023). Identifikasi Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Tugas di SMA Negeri. Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(2), 37–42.
Damanik, S. A. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 16–21.
Ermita, & Anisah. (2013). . PEMBINAAN DAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN). XIII. 81(92).
Hadiyanto. (2013). Manajemen Peserta Didik, Bernuansa Pendidikan Karakte. UNP Press.
Hasibuan. (2018). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Bumi Aksara.
Hayati, S. (2023). Pembinaan Karakter Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler pada MTSN 11 Agam.
Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan, Konsep dan Aplikasi. Alfabeta.
Manan.S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia melalui Keteladanan dan Pembiasaan . Journal Pendidikan, 15(1).
Ningrum, R. P., & dkk. (2022). Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Mengembangkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas X di SMK Ma’arif 1 Semaka Kec. Semaka Kab. Tanggamus Tahun 2021/2022. Prosiding Universitas Lampung.
Reka, W., & dkk. (2020). Pembinaan Potensi Kepemimpinan Siswa melalui Layanan Ekstrakurikuler. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3).
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Suryobroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.
Wicaksono. (2017). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Sandro Jaya.
Copyright (c) 2024 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.