Persepsi siswa tentang layanan tenaga administrasi sekolah di sekolah menengah kejuruan negeri

  • Rahma Yola Administrasi pendidikan
  • Ermita Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nurhizrah Gistituati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Keywords: Persepsi Siswa, Layanan, Tenaga Administrasi Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatanpenulis di SMKN 1 Ampek Angkek yang memperlihatkan layanan TAS kurang begitu baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasimengenai layanan TAS di SMKN 1 Ampek Angkekdilihat dari aspek Daya Tanggap (Responssivines), Keandalan (Reliability), Perhatian (Empaty) dan Kesopanan (Courtesy). Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 921 siswadan jumlah sampel 103 siswa dengan menghitungbesarannya memakai rumus slovin serta dilakukanpengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Teknik analisis penelitianini menggunakan analisis statistik deskriptif. Instrumenpenelitian berbentuk angket dengan model skala Likertyang sudah dilakukan pengujian validitas danreliabilitasnya. Data yang terkumpul diolah denganmencari skor rata-rata dan tingkat capaian rata-rata kemudian diperoleh hasil yang memperlihatkan layananTAS dilihat dari 1) Daya Tanggap (Responssivines)memperoleh rata-rata 4,04, 2) Keandalan (Reliability)memperoleh skor rata-rata 4,11, 3) Perhatian (Empaty) memperoleh rata-rata 4,03, 4) Kesopanan (Courtesy) memperoleh skor rata-rata 4,12 . Secara keseluruhanlayanan TAS di SMKN 1 Ampek Angkek sudah beradapada kategori baik dengan skor rata-rata 4,08.

 

References

Almasri, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia : Implementasi dalam Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19, 144.
Ashari, P. C., Hadiyanto, H., Nelitawati, N., & Ermita, E. (2021). Persepsi Siswa Tentang Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah di SMKN 1 Enam Lingkung. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 88–92.
Dakhra, A. S., Gistituati, N., Marsidin, S., & Nelitawati, N. (2021). Persepsi Siswa terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(1), 23–29.
Fadhilah, N., Ermita, E., Sabandi, A., & Adi, N. (2021). Persepsi Guru SMP Negeri Tentang Kualitas Pelayanan Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4087–4093.
Febriani, R. (2014). Persepsi Guru Terhadap Pelayanan Administratif Pegawai Tata Usaha di SMP Negeri Kecamatan Koto Tangah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 606–831.
Gunawan, I., Triwiyanto, T., Kusumaningrum, D. E., Romady, M., Alfarina, M., & Widiana, R. A. (2018). Pemberdayaan Tenaga Administrasi Sekolah Menengah Pertama Kota Batu: Studi Deskriptif. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(4), 467–471.
Leona, M. S., Anisah, A., Syahril, S., & Nellitawati, N. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Pegawai Tata Usaha di SMKN 3 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4568–4571.
Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nisa, A. A., Susanti, L., Rusdinal, R., & Ningrum, T. A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Tata Usaha Jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4588–4592.
Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Rahayu, D., Rusdinal, R., Adi, N., & Kadri, H. A. (2021). Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Kepegawaian Berbasis Teknologi Informasi Pada SMK Se-Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 132–134.
Siregar, W. V., & Putri, S. M. (2020). Studi Konsep Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. PLN (Persero) Sebagai Perusahaan Penyedia Energi Listrik Monopoli. RELE (Rekayasa Elektrikal dan Energi). Jurnal Teknik Elektro, 3(1), 33–36.
Tangkilisan, H. N. (2005). Manjemen Publik. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Tiffani, N, M,. Jasrial, J,. Gistituati, N,. & Santoso, Y. (2021). Persepsi Murid Terhadap Layanan Tenaga Administrasi Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Negeri Se-Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 100–105.
Tjiptono, F. (2012). Service Quality & Satisfaction. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2017). Service Management. Yogyakarta: Andi.
Published
2024-02-09
How to Cite
Yola, R., Ermita, Gistituati, N., & Santoso, Y. (2024). Persepsi siswa tentang layanan tenaga administrasi sekolah di sekolah menengah kejuruan negeri. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(4), 187-191. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i4.55