Kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan kesiswaan di sekolah lanjutan tingkat atas

  • Nike Rama Putri Universitas Negeri Padang
  • Rusdinal Rusdinal Universitas Negeri Padang
  • Hanif Alkadri Universitas Negeri Padang
  • Novriyanti Achyar Universitas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan, Literasi Digital, Tenaga Administrasi Sekolah, Kesiswaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi menegenai kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan kesiswaan di SLTA Se-Kota Padang dari segi kemampuan teknologi informasi, evaluasi konten, komunikasi, kreativitas, dan kolaborasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS Statistics 23 dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi tenaga administrasi sekolah pada penelitian ini berjumlah 735 tenaga administrasi. Oleh karena itu, diambil sampel penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling 3 tingkat sehingga terpilih 65 tenaga administrasi sekolah urusan kesiswaan sebagai sampel. Instrumen penelitian menggunakan angket model skala semantik diferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan kesiswaan di SLTA se-Kota Padang berada pada kategori mampu dengan persentase capaian 78,78%

Published
2023-11-08
How to Cite
Putri, N. R., Rusdinal, R., Alkadri, H., & Achyar, N. (2023). Kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan kesiswaan di sekolah lanjutan tingkat atas. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(3), 101-105. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i3.50