Kemampuan Literasi Digital Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Persuratan dan Pengarsipan di SLTA Kota Solok
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya masalah tentang kemampuan tenaga administrasi sekolah dalam memanfaat teknologi digital. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan persuratan dan pengarsipan di SLTA Kota Solok dilihat dari kemampuan menggunakan digital (digital skill), etika digital (digital ethic), keamanan digital (digital safety), budaya digital (digital culture). Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh tenaga administrasi sekolah di SLTA Kota Solok sebanyak 125 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang yang ditarik menggunakan Teknik proportional random sampling. Intrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk skala semantic differential yang telah diuji cobakan untuk melihat validitas dan realibilitasnya pada tingkat kepercayaan 10%. Hasil yang diperoleh dari 33 item pernyataan, 29 item valid dan 4 item tidak valid, kemudian pernyataan tidak valid dianggap gugur serta dinyatakan reliabel. Data diolah menggunakan rumus mean. Hasil penelitan menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah urusan persuratan dan pengarsipan tentang: a) kemampuan menggunakan digital (digital skill) memperoleh skor rata-rata 4,03 dengan TCR (80,51%) kategori baik, etika digital (digital ethic) memperoleh skor rata-rata 4,03 dengan TCR (80,21%) kategori baik, keamanan digital (digital safety) memperoleh skor rata-rata 4,03 dengn TCR (80,68%) kategori baik, budaya digital (digital culture) memperoleh skor rata-rata 4,02 dengan TCR (80,41%) kategori baik. Jadi kemampuan literasi digital tenaga administrasi sekolah sudah berada pada kategori baik di SLTA Kota Solok dengan skor rata-rata 4,03 dengan TCR (80,44%).
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.