Persepsi Guru Terhadap Kegiatan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Di SMA Negeri Se Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi guru terhadap kegiatan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan umpan balik supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMA Negeri Se Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan aialh deskriptif kuantitatif populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru di SMA N 1 dan 2 Pasaman yaitu 107 guru, serta sampel adalah sebanyak 50 guru ( SMA N 1 ) dan 57 guru ( SMA N 2 ) dengan menggunakan metode proportional random sampling. Instrument pada penelitian ini menggunakan kuesioner skala likert dengan diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan yaitu metode analisi statistic deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah 1) perencanaan memperoleh 4,45 dengan kategori baik, 2) pelaksanaan memperoleh 4,56 dengan kategori baik, 3) penilaian memperoleh 4,6 dengan kategori sangat baik dan 4) umpan balik memperoleh 4,31 dengan kategori baik.
References
Khumairoh, N. M. (2021). Peran Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 794–807.
Novianti, H. (2022). Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 3(1), 21–29.
Saputri, O. Y. (2023). Manajemen Supervisi Akademik pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2), 28–39.
Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241.
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.