Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini lakukan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Peneliti menemukan adanya kepemimpinan kepala sekolah yang belum terlaksana secara efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentanggayakepemimpinankepadasekolah di sekolahdasar Negeri KecamatanPangkalan Koto BaruKabupaten Lima PuluhKot pada aspek(1) mempengaruhi, (2) menggerakkan, (3) memotivasi.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandeskriptif. Populasidalampenelitianadalah guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupten Lima Puluh Kotaberjumlah 49 sampel. Pengambilansampelmenggunakantekniktotal sampling. Instrumen yang digunakanuntukpenelitianberupaangkettertutupdenganmenggunakananalisadeskriptif. Hasil penelitianmenunjukanbahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah dilihat dari aspek mempengaruhi berdasarkan persepsi guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupten Lima Puluh Kota dengan rata-rata tertinggi 4,8, (2) kepemimpinan kepala sekolah dilihat dari aspek menggerakkan berdasarkan persepsi guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupten Lima Puluh Kota dengan rata-rata tertinggi 4,8, (3) kepemimpinan kepala sekolah dilihat dari aspek memotivasi berdasarkan persepsi guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupten Lima Puluh Kota dengan rata-rata tertinggi 4,7.Kesimpulan bahwapersepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupten Lima Puluh Kota sudahbaikdarisemuaaspekyaitumempengaruhi, menggerakkan, dan memotivasi.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajement penelitian. jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bahar Agus Setiawan, Abd muhith (2013). Transformational leadership. Raja Govindo Persada,leuwinanggung
Didi pianda.(2018) Kinerja guru (Kompetensi guru, motivasi kerja, kepemimpinan kepala sekolah). Sukabumi: CV Jejak
Damin, Sudarman dan Suparno.(2009). Manajemen dan Kepemimpinan transformasional kekepala sekolahan. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Daryanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media.
Gustituati, Nurhizrah. (2009). Manajement Pendidikan.: Budaya dan Kepemimpinan Organisasi. Padang. UNP Perss.
Mulyasa(2012), Manajemen& kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mardias.(2004). Metode penelitian(suatu pendekatan proposal). Jakarta: Bumi Aksara
Sugiono (2018) Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata,Nana Syaodih (2017). metodelogi penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kartono, karini. (2005) pemimpin dan kepemimpinam:Rajawali pers.
Wahyosumijo, (2008). Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Raja Govindo Persada.
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.