Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar

  • Zilvi Wahyana administrasi pendidikan, universitas negeri padang
  • Yulianto Santoso Administrasi Pendidikan, FakultasIlmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi Guru, Kepemimipinan, Kepala sekolah

Abstract

Penelitian ini lakukan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Peneliti menemukan  adanya kepemimpinan kepala sekolah yang belum terlaksana secara efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentanggayakepemimpinankepadasekolah di sekolahdasar Negeri KecamatanPangkalan Koto BaruKabupaten Lima PuluhKot pada aspek(1) mempengaruhi, (2) menggerakkan, (3) memotivasi.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandeskriptif. Populasidalampenelitianadalah guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupten Lima Puluh Kotaberjumlah 49 sampel. Pengambilansampelmenggunakantekniktotal sampling. Instrumen yang digunakanuntukpenelitianberupaangkettertutupdenganmenggunakananalisadeskriptif. Hasil penelitianmenunjukanbahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah dilihat dari aspek mempengaruhi berdasarkan persepsi guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupten Lima Puluh Kota dengan rata-rata tertinggi 4,8, (2) kepemimpinan kepala sekolah dilihat dari aspek menggerakkan berdasarkan persepsi guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupten Lima Puluh Kota dengan rata-rata tertinggi 4,8, (3) kepemimpinan kepala sekolah dilihat dari aspek memotivasi berdasarkan persepsi guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupten Lima Puluh Kota dengan rata-rata tertinggi 4,7.Kesimpulan bahwapersepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupten Lima Puluh Kota sudahbaikdarisemuaaspekyaitumempengaruhi, menggerakkan, dan memotivasi.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajement penelitian. jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bahar Agus Setiawan, Abd muhith (2013). Transformational leadership. Raja Govindo Persada,leuwinanggung
Didi pianda.(2018) Kinerja guru (Kompetensi guru, motivasi kerja, kepemimpinan kepala sekolah). Sukabumi: CV Jejak
Damin, Sudarman dan Suparno.(2009). Manajemen dan Kepemimpinan transformasional kekepala sekolahan. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Daryanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media.
Gustituati, Nurhizrah. (2009). Manajement Pendidikan.: Budaya dan Kepemimpinan Organisasi. Padang. UNP Perss.
Mulyasa(2012), Manajemen& kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mardias.(2004). Metode penelitian(suatu pendekatan proposal). Jakarta: Bumi Aksara
Sugiono (2018) Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata,Nana Syaodih (2017). metodelogi penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kartono, karini. (2005) pemimpin dan kepemimpinam:Rajawali pers.
Wahyosumijo, (2008). Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Raja Govindo Persada.
Published
2023-07-26
How to Cite
Wahyana, Z., & Yulianto Santoso. (2023). Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(2), 68-72. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i2.29