Persepsi Guru tentang Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kenagarian Ujung Gading

  • Nadia Putri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nellitawati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi; Inovator; Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran kepala sekolah sebagai inovator belum berjalan secara optimal. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh informasi mengenai (1) menemukan gagasan baru, (2) mengimplementasikan gagasan baru, (3) menjalin hubungan harmonis dengan lingkungan. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian  adalah guru di sekolah menengah pertama negeri se-kenagarian Ujung Gading yang jumlah 77 orang guru. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 orang guru dengan teknik Simple Random Sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket model Skala Likert yang telah dilakukan diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya yang disebar langsung ke responen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru tentang peran kepala sekolah sebagai inovator di sekolah menengah pertama negeri se-kenagarian Ujung Gading ditinjau dari indikator; (1) menemukan gagasan baru berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,6, (2) mengimplementasikan gagasan baru berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,7, (3) menjalin hubungan harmonis dengan lingkungan berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,8. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan peran kepala sekolah sebagai inovator di sekolah menengah pertama negeri se-kabupaten Ujung Gading berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,24.

References

Arjunaini, Sufyarma Marsidin, S. S. (2022). Peran Kepemimpinaan Kepala Sekolah terhadap Kinerja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 9114–9121.

Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ۡ ِ ل ق ل ٱ ِ ب م ل ع ي ِ ل َّ ٱ ِ ٱ م ل ع ٤ م. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Kadek Agra Dwijaksana. (2015). Studi Komparasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Laki- Laki dengan Perempuan Dalam Menciptakan Kepuasan Kerja Guru Swuasta SLTP Swasta Se- Kecamatan Buleleng. Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–11.

Melayu, N. P., & Nellitawati, N. (2023). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru. Journal of Educational Administration and Leadership, 3(3), 160–167.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, J. A. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 347–355.

Sulastri Sulastri, Nellitawati Nellitawati, Nelfia Adi, S. S. (2022). Analisis kebutuhan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah di Sekolah Menengah Pertama. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan …, 8(4), 957–963.

Published
2023-05-31
How to Cite
Putri, N., & Nellitawati. (2023). Persepsi Guru tentang Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kenagarian Ujung Gading. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(2), 43-47. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i2.22