Persepsi Guru tentang Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kenagarian Ujung Gading
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran kepala sekolah sebagai inovator belum berjalan secara optimal. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh informasi mengenai (1) menemukan gagasan baru, (2) mengimplementasikan gagasan baru, (3) menjalin hubungan harmonis dengan lingkungan. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah guru di sekolah menengah pertama negeri se-kenagarian Ujung Gading yang jumlah 77 orang guru. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 orang guru dengan teknik Simple Random Sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket model Skala Likert yang telah dilakukan diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya yang disebar langsung ke responen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru tentang peran kepala sekolah sebagai inovator di sekolah menengah pertama negeri se-kenagarian Ujung Gading ditinjau dari indikator; (1) menemukan gagasan baru berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,6, (2) mengimplementasikan gagasan baru berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,7, (3) menjalin hubungan harmonis dengan lingkungan berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,8. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan peran kepala sekolah sebagai inovator di sekolah menengah pertama negeri se-kabupaten Ujung Gading berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,24.
References
Arjunaini, Sufyarma Marsidin, S. S. (2022). Peran Kepemimpinaan Kepala Sekolah terhadap Kinerja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 9114–9121.
Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ۡ ِ ل ق ل ٱ ِ ب م ل ع ي ِ ل َّ ٱ ِ ٱ م ل ع ٤ م. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Kadek Agra Dwijaksana. (2015). Studi Komparasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Laki- Laki dengan Perempuan Dalam Menciptakan Kepuasan Kerja Guru Swuasta SLTP Swasta Se- Kecamatan Buleleng. Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–11.
Melayu, N. P., & Nellitawati, N. (2023). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru. Journal of Educational Administration and Leadership, 3(3), 160–167.
Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, J. A. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 347–355.
Sulastri Sulastri, Nellitawati Nellitawati, Nelfia Adi, S. S. (2022). Analisis kebutuhan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah di Sekolah Menengah Pertama. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan …, 8(4), 957–963.
Copyright (c) 2023 Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright and Lincence
Copyright
Copyright ownership for articles is owned by the journal. (1) The journal gives permission to others to use the published content in the Jurnal Dedikasi Edukasi in whole or in part as long as the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Dedikasi Edukasi , Source of Transfer, including the author's name, Jurnal Dedikasi Edukasi as the source of initial publication, year of publication, volume number, publication, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The Jurnal Dedikasi Edukasi own the right of first publication and the copyright owner.
Licence
Jurnal Dedikasi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Creative Commons Attribution 4.0.
it supports anyone to create, redistribute, remix, transmit, and adapt works provided the work and sources are properly cited.