Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se Kota Solok Sebelum dan Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Arvi Lona Febriani Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Kinerja Guru, Sebelum Pandemi, Pada Masa Pandemi

Abstract

Pendidikan merupakan sarana yang paling penting dalam mengembangkan sumber daya manusia dan watak bangsa. Harkat dan martabat suatu bangsa ditentukan oleh mutu pendidikannya. Mengingat begitu pentingnya peran pendidikan bagi kehidupan masyarakat, maka pemerintah berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk peningkatan mutu produktivitas guru terlebih di masa pandemi seperti yang tengah dihadapi dunia terkhususnya di Indonesia pada saat ini. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendapatkan informasi mengenai Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Solok Sebelum dan Pada Masa Pandemi yang dilihat dari kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, dan kerja sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah guru SMK N 1 Kota Solok dan SMK N 2 Kota Solok yang berjumlah 229 orang guru. Penentuan sampel menggunakan Teknik Stratified Proportional Random Sampling dengan total 77 orang guru. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dalam bentuk pada skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja guru SMK Negeri di Kota Solok sebelum pandemi lebih kondusif dibandingkan dengan kinerja guru pada masa pandemi. Hal tersebut terlihat pada skor rata-rata keseluruhan kinerja guru sebelum pandemi termasuk kategori baik dengan rata-rata 4,20 sedangkan kinerja guru pada masa pandemi termasuk kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,23. Untuk itu, disarankan adanya peningkatan dan perbaikan kinerja guru terutama pada skala-skala digunakan, agar terciptanya kinerja guru yang baik dalam mencapai tujuan pendidikan minimal sama dengan kondisi sebelum pandemi Covid-19

References

Atlas, R. M. (2004). Handbook Of Microbiological Media Third Edition (3rd ed.). Crc Press. h
Barnawi, Najihah, A., & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 14. https://pdf.e-dokumen.com/dlpdf.php?q=e-dokumen_paper0104-104-117_54009.pdf
Hasan, I. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5499/4829
Juariah, Fitria, Y., & Happy, R. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3320/2802
Patonah, R. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal Ilmiah Edukasi, 4(4). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/download/1023/918
Saondi, O., & Aris, S. (2012). Etika Profesi Keguruan (I. Armasari (ed.)). Refika Aditama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=717907#
Sari, Y. (2013). Peningkatan Kerjasama Di Sekolah Dasar. Bahana Manajemen Pendidikan, 1(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/2708/2307
Seran, C. G., Laloma, A., & Londa, V. Y. (2021). Kinerja Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Studi di SD Inpres Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 7(99). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/32000
Stolovitch, H. D., & Keeps, E. J. (1992). Handbook Of Human Performance Technology A Comprehensive Guide For Analysis And Solving Performance Problem In Organizations (J. A. Pershing (ed.)). Jersey. https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.457.6925&rep=rep1&type=pdf
Sutrisno, E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama). Kencana Prenada Media Grup. https://bpsdm.kemendagri.go.id/Assets/Uploads/laporan/4cf5365b9fd5fcde6ff70735dc13ee50.pdf
Tanod, L. M., Laloma, A., & Londa, V. Y. (2016). Kualitas Pelayanan Pendidikan Dasar di SD Inpres Kolongan Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik Universitas Sam Ratulangi, 4(52). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/19228/18779
Published
2023-02-28
How to Cite
Arvi Lona Febriani, & Hadiyanto. (2023). Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se Kota Solok Sebelum dan Pada Masa Pandemi Covid-19. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(1), 15-20. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i1.16